METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Ulfah Umurohmi, NIM.: 00410049 (2004) METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA)
00410049_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA)
00410049_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi penulis di TKIT Nurul Islam menerapkan metode bermain peran dalam proses pembelajaran anak dilatih merasakan langsung melalui panca indera dan daya pikirnya sendiri sehingga daya analisis dan memori anak lebih peka, kreatif dan permanen. Rumusan masalh penelitian adalah Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Bagaimana hasil penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Apa kelebihan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Apa factor penghambat penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini berjenis field research atau penelitian lapangan. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling denagn snowball yaitu menlusuri terus data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan. Metode pengumpulan data dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta dapat tercapai dengan baik. Kelebihan metode bermain peran di TKIT Nurul Islam Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta meliputi siswa, guru dan situasi kelas. Faktor pengahmbatnya meliputi alat peraga dan efisiensi waktu. Adapaun saran dari penelitian ini adalah meningkatkan Kerjasama dengan berbagai pihak dan peningkatan sarana prasarana sekolah., peningkatan kualitas guru melalui pelatihan berkesinambungan dan peran serta orang tua murid dalam mendukung program sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Bermain Peran; Pendidikan Agam Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 10:36
Last Modified: 17 Oct 2023 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum