TEMA KEAGAMAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KARANGAN H.D. HIDAYAT (Telaah Atas Nilai Akhlak)

Sulastri, NIM.: 00420137 (2004) TEMA KEAGAMAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KARANGAN H.D. HIDAYAT (Telaah Atas Nilai Akhlak). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEMA KEAGAMAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KARANGAN H.D. HIDAYAT (Telaah Atas Nilai Akhlak))
00420137_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TEMA KEAGAMAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KARANGAN H.D. HIDAYAT (Telaah Atas Nilai Akhlak))
00420137_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mengingat betapa pentingnya akhlak bagi kelangsungan bangsa dan kelangsungan hidup manusia maka diperlukan suatu usaha untuk melaksanakan pendidikan akhlak dengan sebaik-baiknya. Akhlak memegang peranan penting dalam mencetak generasi yang saleh. Akhlak ini sebenarnya merupakan tujuan utama pendidikan pada umumnya sebab tujuan pendidikan itu adalah membentuk manusia yang berakhlak mulia di samping menumbuhkan kepribadian yang kuat pada diri anak didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Tema keagamaan apa saja yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah karangan Drs. H.D. Hidayat MA. dkk.yang berkaitan dengan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reseach). Analisis data atau bahan penulis menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis isi digunakan untuk menganalisis isi bahasa yang terdapat dalam buku Bahasa Arab karangan Drs. H.D Hidayat MA. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Dalam buku pelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah karangan Drs. HD. Hidayat MA Dkk terdapat beberapa nilai-nilai akhlak dalam kehidupan baik yang berhubungan dengan sesama manusia maupun yang berhubungan dengan Allah dan Rasulnya. 2. Nilai-Nilai akhlak yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah karangan Drs. HD. Hidayat MA Dkk sebagai berikut: a. Akhlak pribadi Akhlak pribadi dalam buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas II halaman 43 dan 48, buku kelas III halaman 18 berbentuk: menjaga kebersihan badan dan kesehatan jasmani. b. Akhlak berkeluarga Akhlak berkeluarga dalam buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiayah kelas tiga halaman 31 dan 78 berbentuk: silaturrahmi antar anggota keluarga dan sanak famili. c. Akhlak bermasyarakat Akhlak bermasyarakat dalam buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas satu halaman 1-10 dan 103, buku untuk kelas dua halaman 111 dan 116, buku untuk kelas tiga halaman 18,22,31,33,71,86,92 berbentuk amar ma'ruf nahi mungkar, tolong menolong, sesama dan mempererat hubungan silaturrahmi. d. Akhlak bernegara Akhlak bemegara dalan1 buku pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas dua halaman 53,55,dan 59.Dalam bahasan ini tidak diterangkan secara langsung tentang kehidupan bemegara, namun dibahas tentang aturan sholat berjamaah yang menurut hemat penulis tata cara sholat berjamaah sama dengan tata cara hidup bemegara yang mana seorang rakyat harus mentaati pemimpinnya dalam hal kebaikan. e. Akhlak beragama Akhlak beragama dalam buku pelajaran Bahasa Arab madrasah Tsanawiyah kelas satu halaman 58 dan 65, buku II halaman 20,25,53,55 dan buku III halaman 18,30,42.55 berbentuk: rasa syukur, pada Allah, mengabdikan diri pada Allah, [melaksanakan hak-hak Allah] dan dalam bahasan inipun tercantum tentang akhlak terhadap rosul seperti peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. A. Janan A, MA
Uncontrolled Keywords: akhlak pribadi; akhlak beragama; pelajaran Bahasa Arab
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Oct 2023 10:32
Last Modified: 17 Oct 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum