TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR

Kharisah Eka Wijaya, NIM.: 19104020002 (2023) TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR)
19104020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR)
19104020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan, faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Arab, dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa Arab santri putri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang dilakukan di asrama-asrama putri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan berbahasa Arab pada percakapan sehari-hari santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal ada 2 yaitu kesalahan gramatikal dan kesalahan non-gramatikal. Kesalahan gramatikal terdiri dari kesalahan fonologi sebanyak 12,8%, kesalahan morfologi sebanyak 43,6%, kesalahan sintaksis sebanyak 5,1%, kesalahan semantik sebanyak 35,9%. Sedangkan kesalahan non-gramatikal sebanyak 2,6%. Faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Arab pada percakapan sehari-hari santri putri adalah kurangnya keseriusan santri dalam belajar sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman dan penerapan kaidah nahwu dan shorof. Hal ini mengakibatkan bahasa Arab dirasa sulit dan menyebabkan ketidaktahuan santri ditambah kurangnya motivasi dan kedisiplinan santri dalam penerapan kaidah yang benar. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan berbahasa Arab santri putri adalah mengimplementasikan kurikulum idhofiyah secara optimal dan mereviewnya setiap semester atau 6 bulan sekali, menambah kosakata setiap hari, mengadakan Iṣ l ḥul Lugah, memberikan motivasi kepada santri melalui audio, demonstrasi dan pesona bahasa, menertibkan santri melalui peraturan kebahasaan, dan melakukan evaluasi bersama santri setiap firqoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. R Umi Baroroh. S.Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Bahasa Arab; Linguistik
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:15
Last Modified: 17 Oct 2023 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum