PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004

ARISTI YUSTI TRIHATMI, NIM. 99434273 (2004) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004)
99434273_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004)
99434273_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan sikap siswa pada cara mengajar guru terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri mang siswa kelas I SMA Muhammadiyah 2 Y ogyakarta tahun ajaran 200312004. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini beranggota 76 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu: instrument tes kemampuan penalaran sebanyak 11 butir sahib dengan koefisien reliabiltas 0,859 instmmen angket sikap siswa pada cara mengajar gum sebanyak 20 butir sahib dengan koefisien reliabilitas 0,918, dan instmmen tes kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri ruang sebanyak 10 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,840. Hasil penelitian ini menunjukkan ba11wa (1) Adanya pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri ruang dengan koefisien korelasi rx1y = 0,605 dan persamaan regresi yang cliperoleh Y = 0,503X1 + 3,749 dengan koefisien determinasi sebesar 0,366, (2) Adanya pengarull sikap siswa pada cara mengajar gum terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri rnang dengan koefisien korelasi rx2y = 0,607 dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 0,067X2 + 4,452 dengan koefisien detenninasi 0,368, (3) Adanya pengarull kemampuan penalaran dan sikap siswa pada cara mengajar gum terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal regresi yang cliperoleh Y = 0,279X1 + 0,038X2 + 3,608 dan koefisien detenninasi sebesar 0,411. Kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif sebesar 20,234% dan sumbangan relatif sebesar 49,256%, sikap siswa pada cara mengajar gum memberikan sUillbangan efektif sebesar 20,845% dan sumbangan relatif sebesar 50,744%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Ors. Sugiyono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: GEOMETRI, MATERMATIKA, PEMBELAJARAN, SISWA, MUHA
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:16
Last Modified: 17 Oct 2023 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum