METODE SENTRA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT, WARUNGBOTO

Anisatun Lathifah, NIM.: 00410191 (2005) METODE SENTRA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT, WARUNGBOTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE SENTRA DALAM PEMBELAJARAN PENDlDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT, WARUNGBOTO)
00410191_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE SENTRA DALAM PEMBELAJARAN PENDlDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT, WARUNGBOTO)
00410191_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan metode sentra dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat, Warungboto serta kendala­kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah referensi dan kreatifitas bagi para guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran di dalam kelas sekaligus sebagai penunjang proses belajar mengajar agar lebih efektif Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat, Warungboto. Pengurnpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan suatu uraian dasar sehingga dapat ditemukan dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disara:nkan oleh data kemudian dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukk:an: (1) Tujuan penggunaan metode sentra dalam Pembelajaran PAI adalah menerapkan pendidikan yang menyeimbangkan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum lainnya dengan tanpa mengesampingkan kecerdasan majemuk siswa. Pengelolaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode sentra yang mana dengan metode tcrsebut memungkinkan anak untuk moving class (kelas bergerak) pada setiap pelajaran tertentu yang akan diberikan sesuai dengan ruang yang khusus tentang pelajaran tersebut. Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat, Warungboto juga dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar juga menerapkan model pembelajaran tematik yaitu semua pelajaran terintegrasi dalam satu tema. Terna yang dipakai memadukan antara KBK dan multiple intelligences (kecerdasan majemuk) yang selalu diganti dalam setiap satu bulan sekali. Kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan metode sentra tersebut adalah: 1) Belum adanya kesamaan pemikiran mengenai konsep metode sentra antar gum. 2) Kurangnya fasilitas belajar mengajar. 3) Biaya yang tinggi. Dalam hal ini biaya yang dimaksud adalah biaya untuk mengadakan pelatihan-pelatihan guru mengenai metode sentra dan juga biaya untuk studi banding yang masih belum bisa dilakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PAI; metode sentra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:56
Last Modified: 17 Oct 2023 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum