IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM TERPADU AL-HANIF CIANJUR

Pia Nuraripah, NIM: 21204011021 (2023) IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM TERPADU AL-HANIF CIANJUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM TERPADU AL-HANIF CIANJUR)
21204011021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM TERPADU AL-HANIF CIANJUR)
21204011021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka belajar dipandang sebagai kebijakan yang bersifat skeptis dalam proses evaluasi pembelajaran oleh para pendidik sehingga tidak bisa memberikan kontribusi evaluasi pembelajaran secara holistic. Namun, kenyataanya kurikulum merdeka belajar sangat memperhatikan evaluasi pembelajaran yang tidak hanya focus pada satu ranah melainkan tiga ranah seperti aspek kognitif, sikap dan bakat pada berbagai aspek yang peserta didik miliki. Fokus penelitian ini untuk mengungkap alasan penerapan kurikulum merdeka belajar, implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI dan implikasi dari kurikulum merdeka belajar terhadap pengembangan desain evalausi pembelajaran pada mata pelajaarn PAI. Teori yang digunakan dalam peenlitian ini yaitu teori kurikulum merdeka belajar dan desain evaluasi pembelajaran. Adapun pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan pendidikan yang penelitiannya dimana merujuk pada pendekatan teoritis, metodologis, dan konseptual yang digunakan untuk memahami fenomena pendidikan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitain menunjukan bahwa: Latar belakang diterapkan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP IT Al-Hanif Cianjur. 2. Adapun implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI tidak akan terlepas dari tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Adapun evaluasi pembelajaran yang dilakukan di SMP IT Al-Hanif berdasarkan kurikulum merdeka belajar yaitu : 1. Evaluasi berbasis kompetensi, 2. Evalausi formatif, 3. Evaluasi penugasan proyek, 4. Evaluasi pembelajaran portofolio, 4. Penilaian kelompok atau antar teman. 5. Penilaian Self Assesment. 3. Implikasi kurikulum merdeka belajar terhadap pengembangan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI memebrikan kontribusi yang cukup signfikan di antaranya : 1. SMP IT Al-Hanif memiliki fleksibelitas dalam mendesain evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI, 2. Menerapkan system evaluasi pembelajaran yang beragam di SMP IT Al- Hanif, 3. Lembaga pendidikan lebih memfokuskan pada pencapaian kompetensi peserta didik, 4. SMP IT Al-Hanif melibatkan peserta didik dalam evaluasi pembelajaran, 5. SMP IT Al-Hanif menekankan pada proses evaluasi pembelajaran formatif. Dengan begitu, tesis ini dapat menjadi khazanah keilmuan dalam pemahaman pemahaman bagi setiap yang membacanya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Merdeka belajar, evaluasi pembelajaran, PAI, SMP IT Al-Hanif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:26
Last Modified: 19 Oct 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum