NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AT TIBYĀN KARYA IMAM AN NAWAWI DAN SIGNIFIKANSINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

Muhammad Luthfi Mahendra, NIM: 21204011054 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AT TIBYĀN KARYA IMAM AN NAWAWI DAN SIGNIFIKANSINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AT TIBYĀN KARYA IMAM AN NAWAWI DAN SIGNIFIKANSINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK)
21204011054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AT TIBYĀN KARYA IMAM AN NAWAWI DAN SIGNIFIKANSINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK)
21204011054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kitab At Tibyān Fī Ādābi Ḥamalatil Qur’ān karya Imam An Nawawi sebagai salah satu kitab klasik yang memiliki fokus mengajarkan tentang akhlak pengajar dan peserta didik, memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam berupa nilai akhlak, aqidah, dan syariat, serta memiliki signifikansi terhadap pendidik dan peserta didik. Penelitian ini fokus kepada nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ada dalam kitab At Tibyān karya Imam An Nawawi dan signifikansinya terhadap pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pandangan kepada pendidik dan peserta didik bahwa kitab klasik dapat dijadikan rujukan untuk mencapai kategori pendidik profesional dan peserta didik yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis, terutama kitab At Tibyān karya Imam An Nawawi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library research) yang dijabarkan secara diskriptif.Pengumpulan data didapatkan dari sumber utama berupa kitab At Tibyān Fī Ādābi Ḥamalatil Qur’ān karya Imam An Nawawi dan ditunjang dengan sumber sekunder berupa kitab-kitab, dokumen, maupun jurnal. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan analisis isi diskriptif dan pendekatan pedagogik. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan lima tahapan, yaitu: merumuskan tujuan dan konseptualisasi, koding data, pengujian data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ada di kitab At Tibyān Fī Ādābi Ḥamalatil Qur’ān karangan Imam Nawawi mencangkup keseluruhan nilai-nilai pendidikan agama Islam, yaitu: nilai aqidah, nilai syariat, dan nilai akhlak. 2. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ada di kitab At Tibyān Fī Ādābi Ḥamalatil Qur’ān karangan Imam Nawawi memiliki signifikansi dengan karakteristik pendidik profesional yang dijabarkan oleh Kementerian Pendidikan Naisonal Badan Penelitian dan Pengembangan yang berjumlah dua puluh karakteristik pendidik profesiona dan memiliki signifikansi dengan karakter penuntut ilmu menurut Al Qur’an dan hadis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Kitab At Tibyān, Pendidik dan Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:26
Last Modified: 19 Oct 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum