IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS ALI MAKSUM KELAS 7 PUTRI

Desy Khusna Nurmaida, NIM: 21204011056 (2023) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS ALI MAKSUM KELAS 7 PUTRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS ALI MAKSUM KELAS 7 PUTRI)
21204011056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS ALI MAKSUM KELAS 7 PUTRI)
21204011056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting yang memegang peranan penting dalam menentukan perkembangan dan kesempurnaan setiap individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pendidikan adalah model atau metode yang digunakan. Dalam proses pembelajaran, keberadaan guru terkadang menyebabkan siswa pasif dan hanya menerima materi dari guru saja. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran kontekstual dan salah satu model pembelajaran kontekstual adalah problem based learning (PBL). Al-Qur’an Hadits adalah bagian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari sebagai perwujudan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dalam pembelajaran ini guru seringkali hanya mengedepankan pembelajaran tekstualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, bagaimana implementasi dan mengetahui apa implikasi dari implementasi problem based learning (PBL) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ali Maksum kelas 7 putri. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah satu guru Al-Qur’an Hadits kelas 7 putri dan beberapa siswi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data atau kesimpulan. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model problem based learning menggunakan masalah sebagai media pembelajaran sehingga dapat mendukung tujuan kontekstualisasi untuk mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan benar. Dalam pembelajaran pendidik menyiapkan perencanaan pembelajaran: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi, metode, media dan penilaian pembelajaran. Langkah yang digunakan guru dalam penerapan problem based learning : Memformulasikan masalah, mengkoordinasikan siswi untuk belajar individu dan kelompok, membimbing dalam penyelidikan masalah, mengumpulkan data siswi dan menyajikannya, merumuskan rekomendasi pemecahan masalah, menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Diantara implikasi penerapan model problem based learning dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits adalah implikasi terhadap guru pelajaran, implikasi terhadap murid, implikasi terhadap materi dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, MTs Ali Maksum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:27
Last Modified: 19 Oct 2023 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum