STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN USHUL FIQIH BERBASIS KITAB KUNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Nabilla Miahara, NIM: 21204011059 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN USHUL FIQIH BERBASIS KITAB KUNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN USHUL FIQIH BERBASIS KITAB KUNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
21204011059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN USHUL FIQIH BERBASIS KITAB KUNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
21204011059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sangat penting apalagi dalam mengembangkan soft skill siswa, seorang guru harus bisa memilih strategi yang efektif, sesuai, serta tepat, agar bisa menciptakan pengalaman belajar dengan baik dan tujuan belajar tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Madrasah Aliyah dalam pembelajaran Ushul Fiqih yaitu menggunakan kitab kunging dengan adanya pembelajaran menggunakan kitab kuning Madrasah menginginkan para siswa lebih bisa memahami Ushul Fiqih secara mendalam dan luas. Akan tetapi masih ada siswa yang kesulitan dalam membaca kitab kuning, kesulitan memahami pegon berbahasa jawa serta masih sulit menerapkan Nahwu Shorof saat membaca kitab kuning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran mata pelajaran Ushul Fiqih berbasis kitab kuning dalam mengembangkan soft skill siswa di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta.Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ushul Fiqih dan beberapa siswa kelas 11 Agama. Analisis data pada penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data atau kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madrasah Aliyah Ali Maksum menggunakan kitab kuning dalam pembelajarannya kerena madrasah yang berbasis pesantren salafiyah serta tetap menjaga tradisi-tradisi ulama masa lalu, menjadi keilmuan sanad yang jelas dan memahami ilmu secara mendalam serta lebih luas dengan menggunakan kitab kuning. Strategi yang digunakan yaitu stretegi ceramah, kelompok, individu, dan tanya jawab. Pembelajaran Ushul Fiqih bebrbasis kitab kuning dapat mengembangkan soft skill siswa yaitu berfikir kritis, tanggung jawab, percaya diri, kemampuan komunikasi, dan kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Ushul Fiqih, Kitab Kuning, Soft Skill
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:23
Last Modified: 19 Oct 2023 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum