EFEKTIFITAS MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Siti Fatimah, S.Hum, NIM.: 19200010148 (2023) EFEKTIFITAS MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI)
19200010148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI)
19200010148_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang diperoleh dari pembiasaan diri. Aspek ini memiliki peranan penting dalam menentukan bagaimana anak beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Anak usia dini berada pada fase golden age, yang merupakan fase dimana anak mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai aspek. Stimulasi yang tepat mengoptimalkan potensi anak yakni dengan menggali dan membiasakan anak cara berpikir lebih luas dan mendalam. Hal ini perlu didukung oleh pendidik yang produktif dalam memberikan pembelajaran pada anak melalui media pembelajaran untuk menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media loose parts dalam meningkatkan kemandirin anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pre eksperimental design dengan model One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi TK Masyithoh nDasari Budi Krapyak berjumlah 25 anak yang terdiri dari 10 putra dan 15 putri. Adapun variabel dependent dari penelitian ini adalah kemandirian belajar anak usia dini dan variabel independet adalah media loose parts. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen yang didistribusikan sebelum dan sesudah adanya penerapan media loose parts. Teknik analisis data dengan menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian diperoleh dari observasi pembelajaran dan pencapaian perkembangan kemandirian anak melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan kategorisasi skor kemandirian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar anak usia dini yang signifikan dari 25 anak terdapat 6 anak mendapatkan skor sedang dan 19 anak mendapatkan skor tinggi sebelum dilakukannya treatment, sedangkan setelah dilakukan treatment diperoleh sejumlah 25 anak mendapatkan skor tinggi. Adapun dari hasil uji hipotesis dengan uji Paired Sample t-test menggunakan SPSS 22 diperoleh nilai kemandirian

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Loose Parts, Kemandirian, Usia TK
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:40
Last Modified: 18 Oct 2023 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum