ANALISIS MIKROSTRUKTUR PORI SAMPEL BETON DENGAN AGREGAT BERBEDA SEBAGAI POROUS MEDIUM BERDASARKAN CITRA MICRO-CT SCAN

Putri Ayu Ningsih, NIM: 16620010 (2023) ANALISIS MIKROSTRUKTUR PORI SAMPEL BETON DENGAN AGREGAT BERBEDA SEBAGAI POROUS MEDIUM BERDASARKAN CITRA MICRO-CT SCAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MIKROSTRUKTUR PORI SAMPEL BETON DENGAN AGREGAT BERBEDA SEBAGAI POROUS MEDIUM BERDASARKAN CITRA MICRO-CT SCAN)
16620010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MIKROSTRUKTUR PORI SAMPEL BETON DENGAN AGREGAT BERBEDA SEBAGAI POROUS MEDIUM BERDASARKAN CITRA MICRO-CT SCAN)
16620010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ix ANALISIS MIKROSTRUKTUR PORI SAMPEL BETON DENGAN AGREGAT BERBEDA SEBAGAI POROUS MEDIUM BERDASARKAN CITRA MICRO-CT SCAN PUTRI AYU NINGSIH 16620010 INTISARI Bangunan adalah hal yang digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan manusia, yang berupa jembatan, gedung perkantoran, rumah tinggal, jalan raya, dan seperti batu. Pembuatan bangunan memiliki bahan penyusun seperti semen, pasir, batu dan air. Batu memiliki sifat yang homogen dengan persebaran yang cukup merata, namun batu mengalami kelangkaan dan diganti dengan bahan penyusun baru yaitu pasir yang memiliki harga cenderung lebih murah. Setelah perkembangan zaman, beton digunakan sebagai bahan bangunan karena memiliki kekuatan yang tinggi, harga yang murah, proses pembuatan yang mudah dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik mikrostruktur pori sampel beton dengan agregat yang berbeda menggunakan perangkat Micro-CT Scan. Metode analisis yang digunakan adalah metode Digital Rock Physics. Metode digital rock physics memanfaatkan sampel yang telah diubah menjadi citra digital dengan bantuan alat Micro-CT Scan Bruker SkyScan 1173. Dataset berupa citra proyeksi yang dihasilkan dari pemindaian akan direkonstruksi menjadi citra penampang atau sayatan. Selanjutnya, dilakukan analisis pada citra penampang hasil rekonstruksi ini sehingga mendapatkan nilai parameter fisis yang dibentuk plot grafik sehingga karakteristik mikrostruktur pori dapat diketahui. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pori yang muncul pada keseluruhan sampel cenderung berukuran kecil dan memiliki persebaran yang merata. Berdasarkan centroid X, Y dan Z, keseluruhan sampel memiliki banyak pori yang tersebar di bagian tepi dan atas sampel, meskipun ada beberapa yang berada di bagian tengah dan bawah sampel. Sphericity pori pada keseluruhan sampel memiliki bentuk yang cenderung membulat dan memiliki arah bentuk berupa vertikal dan tegak lurus. Bentuk sphericity pori pada keseluruhan sampel cenderung membulat, memiliki ukuran pori-pori yang kecil, persebaran pori yang merata dan memiliki arah bentuk pori vertikal ke bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, S.Si, M.Si. dan Dr. Fourier Dzar Eljabbar Latief, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Agregat, Beton; Citra Digital, Digital Rock Physics; Micro-CT Scan; Parameter Fisis, Pori.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 18 Oct 2023 15:01
Last Modified: 18 Oct 2023 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum