PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF HEALING PADA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAN DI RSI FATIMAH

Laela Mahmudah, NIM.: 20200012085 (2023) PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF HEALING PADA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAN DI RSI FATIMAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF HEALING PADA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAN DI RSI FATIMAH)
20200012085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF HEALING PADA PASIEN YANG MENGALAMI KECEMASAN DI RSI FATIMAH)
20200012085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan rohani Islam merupakan layanan bantuan yang diberikan oleh pembimbing rohani/petugas Bimroh untuk membantu seseorang mencapai ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan rohani Islam oleh petugas Bimroh dalam meningkatkan self healing pada pasien yang mengalami kecemasan, serta untuk mengetahui analisis hasil bimbingan rohani Islam oleh petugas Bimroh dalam meningkatkan self healing pada pasien yang mengalami kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas Bimroh, termasuk satu kepala Bimroh dan dua staf Bimroh, serta empat pasien. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran bimbingan rohani Islam oleh petugas Bimroh dalam meningkatkan self healing pada pasien yang mengalami kecemasan di RSI Fatimah dengan bimbingan spiritual melalui tahap pra bimbingan, tahap pelaksanaan bimbingan, tahap post bimbingan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt agar membentuk sikap yang sabar, ikhlas dalam menjalani kehidupan dan analisis hasil bimbingan rohani Islam oleh petugas Bimroh dalam meningkatkan self healing pada pasien yang mengalami kecemasan di RSI Fatimah adalah memberikan bentuk perubahan yang lebih baik dengan meningkatnya self healing pada pasien yang mengalami kecemasan dengan mampu menerima, melepaskan, memotivasi, dan bersyukur atas apa yang Allah Swt kehendaki untuk kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Self Healing, Kecemasan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2023 13:36
Last Modified: 18 Oct 2023 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum