PENGARUH AKTIVASI ASAM DAN BASA TERHADAP BENTONIT SEBAGAI AGEN MORDANTING PADA PEWARNAAN KAIN KATUN DENGAN PEWARNA MERAH KAYU TINGI

Erick Brischa Ferdian, NIM: 16630011 (2023) PENGARUH AKTIVASI ASAM DAN BASA TERHADAP BENTONIT SEBAGAI AGEN MORDANTING PADA PEWARNAAN KAIN KATUN DENGAN PEWARNA MERAH KAYU TINGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH AKTIVASI ASAM DAN BASA TERHADAP BENTONIT SEBAGAI AGEN MORDANTING PADA PEWARNAAN KAIN KATUN DENGAN PEWARNA MERAH KAYU TINGI)
16630011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH AKTIVASI ASAM DAN BASA TERHADAP BENTONIT SEBAGAI AGEN MORDANTING PADA PEWARNAAN KAIN KATUN DENGAN PEWARNA MERAH KAYU TINGI)
16630011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini : untuk mengetahui pengaruh aktivasi asam dan basa pada bentonit sebagai agen mordanting pada pewarnaan kain katun dengan pewarna merah kayu tingi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Pengaruh aktivasi asam dan basa pada bentonit sebagai agen mordanting pada pewarnaan kain katun dengan pewarna merah kayu tingi yang dimaksud penelitian ini adalah proses bentonit sebagai agen mordanting yang di beri perlakukan baik dengan air tawas, asam, dan basa untuk melihat pengaruhnya terhadap kecerahan warna kain katun yang diberi warna merah kayu tingi. Perlakukan setiap sampel diberlakukan berbeda yaitu perlakuan pertama hanya menggunakan air tawas. Perlakukan kedua Proses bentonit sebagai agen mordanting menggunakan larutan 0,72 gram. Perlakuan ketiga Proses bentonit sebagai agen mordanting menggunakan larutan 0,72 gram dan campuran Asam dan perlakukan keempat Proses bentonit sebagai agen mordanting menggunakan larutan 0,72 gram dan campuran Basa, dengan frekeunsi pencelupan 3 kali. Tingkat warna pada kain katun yang dicelup dengan zat warna euphorbia diketahui berdasarkan perubahan warna yang diukur menggunakan alat gray scale dan penodaan pada kain putih diukur menggunakan staining scale. Hasil penelitian nilai uji pewarnaan kain dengan air tawas memiliki rata-rata 3,5 dengan kategori cukup baik. Nilai uji pewarnaan kain dengan proses bentonit dengan larutan bentonit 0,72 gram rata-rata 3,83, dalam kategori cukup tinggi. Nilai uji pewarnaan kain dengan proses bentonit sebagai agen mordanting dengan fiksasi larutan bentonit 0,72 gram, yang dicampur dengan larutan asam memiliki rata-rata 3,00, dalam kategori cukup. Nilai uji pewarnaan kain dengan proses bentonit sebagai agen mordanting dengan fiksasi larutan bentonit 0,72 gram, yang dicampur dengan larutan basa rata-rata 4, dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan larutan basa berpengaruh terhadap tingkat pewarnaan pada kain katun yang diwarna dengan kayu tingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Priyagung Dhemi Widiakongko, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Aktivasi Asam Basa; Bentonit; Agen Mordanting Kain Katun; Kayu Tinggi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 18 Oct 2023 15:03
Last Modified: 18 Oct 2023 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum