HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)YOGYAKARTA 1

Solihatun Failasufah Abdi, NIM.: 00410321 (2004) HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)YOGYAKARTA 1)
00410321_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)YOGYAKARTA 1)
00410321_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan keagamaan sangat bermanfaat bagi siswa khususnya karena kegiatan keagamaan di sekolah ikut berperan dalam pembentukan kepribadian peserta didik yaitu pembentukan kepribadian anak didik yang kelak berguna pada masa yang akan datang. Kegiatan keagamaan di MAN Yogyakarta 1 seperti halnya pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Sholat dzuhur berlangsung sekitar pada jam istirahat kedua, sedangkan sholat dhuha dilaksanakan pada jam istirahat pertama di masjjd sekolah. Kegiatan keagamaan tersebut sangat berpengaruh dalam pembentukan pondasi keagamaan dalam jiwa siswa dalam rangka menuju kepribadian ideal. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Dalam menganalisis penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, tinggi-rendahnya nilai Keaktifan mengikuti kegiatan keagaman Siswa Kelas II MAN Yogyakarta I sangat kuat hubungannya dengan tinggi rendahnya nilai perilaku disiplin siswa. Mereka yang aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan, berarti mereka mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi demikian sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: perilaku; disiplin; kegiatan keagamaan; siswa; sholat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:01
Last Modified: 19 Oct 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum