SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG BARU TOKO MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO MULIA GODEAN)

Farhan Armawan Asdin, NIM: 16650096 (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG BARU TOKO MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO MULIA GODEAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG BARU TOKO MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO MULIA GODEAN))
16650096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG BARU TOKO MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO MULIA GODEAN))
16650096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan banyaknya usaha yang didirikan maka semakin banyak pula persaingan dalam memikat konsumen, maka dari itu sebelum memulai usaha alangkah baiknya seorang pengusaha melibatkan faktor-faktor dalam mendirikan usaha. Salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan yaitu pemilihan lokasi. Toserba merupakan salah satu usaha retail yang sedang ramai diminati oleh para konsumen mengingat kebutuhan masyarakat yang beragam di kota-kota besar khususnya kota Yogyakarta. Semakin ramainya usaha retail sejenis di Yogyakarta membuat para pelaku usahanya untuk melakukan pertimbangan yang matang dalam menentukan lokasi toserba yang didirikannya demi perkembangan toserba miliknya. Dalam penentuan lokasi toserba selama ini dilakukan hanya dengan cara konvensional atau hanya kira-kira saja tanpa menggunakan suatu metode dan penghitungan sistematis dan belum terkomputerisasi. Dari permasalahan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemodelan sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk menentukan rekomendasi lokasi cabang baru toserba yang nantinya berguna sebagai salah satu alternatif solusi dalam hal penentuan lokasi cabang toserba yang strategis. Dalam penelitian ini, sistem menggunakan metode analytical hierarchy process untuk menentukan tingkat kepentingan kriteria. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat membantu para pelaku usaha retail khususnya toserba dalam proses penentuan lokasi cabang baru toserba pada Toko Mulia Godean berdasarkan kriteria populasi, pendapatan, luas lokasi, posisi lokasi, jarak dengan kompetitor, tempat parkir, koneksi internet, dan prosedur perizinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ir. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan; Lokasi; Toserba; Analytical Hierarchy Process
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 19 Oct 2023 13:56
Last Modified: 19 Oct 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum