PENGARUH KEGIATAN TUTORIAL TERHADAP RANAH KOGNISI DAN AFEKSI SISWA MAK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Surya Amartika, NIM.: 00410313 (2004) PENGARUH KEGIATAN TUTORIAL TERHADAP RANAH KOGNISI DAN AFEKSI SISWA MAK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN TUTORIAL TERHADAP RANAH KOGNISI DAN AFEKSI SISWA MAK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
00410313_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN TUTORIAL TERHADAP RANAH KOGNISI DAN AFEKSI SISWA MAK NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
00410313_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pada dasarya diharapkan untuk mampu membawa peserta didik untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi­potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta, dan budi nurani) dan jasmani (panca indra, serta keterampilan-keterampilan). Periode pendidikan Islam yang berkelanjutan sejak bangkitnya Islam sampai akhir kerajaan Bani Umayah mempunyai ciri-ciri tersendiri yang istimewa yaitu bercorak Arab dan Islam tulen. Hal tersebut hingga saat ini masih dapat dilihat dan dirasakan di negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan berdirinya pondok-pondok pesantren. Pondok pesantren Nurul Jadid adalah sebuah yayasan pendidikan Islam yang didalamnya terdapat beberapa lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Salah satu dari lembaga pendidikan formal yang berada di bawah yayasan pondok pesantren Nurul Jadid adalah MAK Nurul Jadid. MAK Nurul Jadid merupakan lembaga yang mewajibkan seluruh siswanya tinggal di asrama, hal tersebut mengingat bahwa dalam upaya mencapai tujuan yang berorientasi untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik tidak hanya cukup dilaksanakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Sebagai saiah satu ciri pendidikan di MAKNJ untuk mewujudkan tujuannya adalah dengan diadakannya kegiatan tutorial yang dilaksanakan di asrama. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi, dengan analisis kualitatif yang diback-up oleh analisis kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan metode interview, observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner dan tes sikap. Kesimpulan penelitian ini ada 3 yaitu: 1). Pelaksanaan kegiatan tutoriai keagamaan di asrama merupakan serangkaian kegiatan proses belajar mengajar yang dilaksanakan diluar jam sekoiah sebagai penunjang dan pengembangan dari pelajaran­pelajaran di sekolah. Kegiatan ini berjalan dengan baik, walau terkadang kosong karena ketidakhadiran tutor yang bersangkutan. Namun dari komponen pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan tutorial pada umumnya cukup baik, baik dari rumusan tujuan yang berdasar pada tujuan pendidikan dengan berorientasi pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. 2). Menurut hasil analisis, kognisi dan afeksi siswa atau sikap keagamaan siswa MAK Nurul Jadid adalah rata-rata cukup atau baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pernyataan sikap siswa baik melalui angket maupun interview yang telah menunjukkan pada tingkat tertinggi dalam jenjang afektif. 3). Pelaksanaan kegiatan tutorial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap ranah kognisi dan afeksi siswa MAK Nurul Jadid khususnya kelas II, hal ini diperoleh dari uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebesar 0,778 atau 77,8%, yang mempunyai arti bahwa semakin baik pelaksanaan kegiatan tutorial keagamaan di asrama maka semakin baik pula kognitif dan afektif keagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sibarudin,M.Si
Uncontrolled Keywords: afeksi; tutorial; kognisi; guru; MAK Nurul Jadid
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:21
Last Modified: 19 Oct 2023 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum