MENJADI SALEH DAN SALIHAH DENGAN TUBUH YANG ESTETIK: KOMODIFIKASI ISLAM DALAM LANSKAP HALAL LIFESTYLE DI KALANGAN MUSLIM URBAN INDONESIA

Muhammad Faizur Rohman, NIM.: 21200011085 (2023) MENJADI SALEH DAN SALIHAH DENGAN TUBUH YANG ESTETIK: KOMODIFIKASI ISLAM DALAM LANSKAP HALAL LIFESTYLE DI KALANGAN MUSLIM URBAN INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENJADI SALEH DAN SALIHAH DENGAN TUBUH YANG ESTETIK: KOMODIFIKASI ISLAM DALAM LANSKAP HALAL LIFESTYLE DI KALANGAN MUSLIM URBAN INDONESIA)
21200011085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENJADI SALEH DAN SALIHAH DENGAN TUBUH YANG ESTETIK: KOMODIFIKASI ISLAM DALAM LANSKAP HALAL LIFESTYLE DI KALANGAN MUSLIM URBAN INDONESIA)
21200011085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji fenomena muslim kelas menengah di perkotaan yang berupaya menjadi saleh sekaligus memiliki tubuh yang estetik di tengah budaya modern. Konstruksi budaya di masyarakat tentang tubuh estetik dan ikatan pada aturan Islam menggiring mereka untuk menemukan pusat kebugaran dan kecantikan yang Islami. Mereka tidak hanya menginginkan tempat yang sesuai dengan prinsip Islam namun juga sesuai dengan prinsip yang dibawanya. Hal ini dapat memunculkan perdebatan antara pemilik dan konsumen terhadap kesesuaian praktek. Kondisi ini dapat dijumpai di Bramanda Fitness Syariah dan Rumah Cantik Sehat Muslimah (RCSM). Penelitian ini bekontribusi terhadap kajian Muslim perkotaan khususnya mengenai komodifikasi Islam yang menggunakan simbol-simbol agama untuk memasarkan produk-produk yang terkait dengan Islam. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan menerapkan metode etnografi selama kurang lebih enam bulan di kedua tempat tersebut. Serangkaian wawancara mendalam dilakukan kepada pihak-pihak terkait. Selain itu pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan berpartisipasi sebagai konsumen secara langsung maupun dilakukan oleh asisten peneliti. Pengumpulan data yang relevan juga dilakukan melalui internet dan dokumen-dokumen. Tesis ini menunjukkan bahwa komodifikasi Islam tidak semata muncul karena adanya logika komersil. Namun kemunculannya bermula dari perilaku saleh yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di perkotaan. Teks-teks Alquran, Hadis dan pandangan otoritas keagamaan tentang tubuh estetik menjadi dasar yang kuat atas kemunculan komodifikasi ini. Mereka juga memadukan referensi logis dan motivasi. Hal ini dilakukan untuk merumuskan sebuah kerangka kerja yang utuh. Pandangan terhadap tubuh Rasulullah dan Aisyah digunakan untuk rujukan kesalehan sekaligus memiliki tubuh yang estetik. Bramanda Fitness Syari’ah yang semula konvensional menjadikan aturannya lebih ketat. Misalnya memisahkan jadwal pria dan wanita atau tidak boleh memutar musik meskipun secara pribadi. Tujuannya agar diri lebih fokus untuk melatih tubuh karena pria maupun wanita cenderung insecure saat tampil dengan bentuk tubuh yang apa adanya. Selain itu, cara ini dapat terhindar dari pelecehan. Namun tidak semua pengunjung menyukai aturan ketat ini, penerapan aturan ini tidak dibarengi dengan fasilitas yang responsif terhadap kenyamanan konsumen, sehingga sedikit yang memilih menjadi konsumen tetap. Berbeda dengan RCSM, ia banyak memiliki konsumen tetap dan menerapkan fasilitas yang disukai konsumen. Inner beauty dan outer beauty menjadi branding tersendiri, keduanya memberikan pemahaman terhadap penerimaan diri dengan apa adanya. Dalam pandangannya, gambaran wanita salihah ialah saat dihadapan suami, mendekatnya suami karena tampilan luar dan menetapnya karena etika dan moral yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Najib Kailani, S.Fil.I., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Islam, Saleh Salihah, Estetika Tubuh, Muslim Urban Indonesia
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Industri dan Bisnis Halal
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:43
Last Modified: 19 Oct 2023 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum