KEBIJAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS PT MIFA BERSAUDARA, MEUREUBO, ACEH BARAT, PROVINSI ACEH

Anita Maudy, NIM.: 21200011098 (2023) KEBIJAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS PT MIFA BERSAUDARA, MEUREUBO, ACEH BARAT, PROVINSI ACEH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS PT MIFA BERSAUDARA, MEUREUBO, ACEH BARAT, PROVINSI ACEH)
21200011098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS PT MIFA BERSAUDARA, MEUREUBO, ACEH BARAT, PROVINSI ACEH)
21200011098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk membangun ekonomi yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) program CSR yang telah di-pionir oleh PT Mifa Bersaudara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, (b) program yang paling berpengaruh bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Informan terekrut di lapangan berjumlah 12 orang, terdiri dari manager CSR PT Mifa Bersaudara satu orang, staf CSR dua orang, kepala desa dua orang, kader posyandu dua orang, mahasiswa penerima beasiswa dua orang, kepala Bappeda Aceh Barat satu orang, dan anggota masyarakat setempat berjumlah dua orang. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR di PT Mifa Bersaudara terdiri dari delapan program yaitu: (1) program pendidikan seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan santri dayah; (2) program kesehatan yaitu program pengobatan dan pengecekan kesehatan masyarakat satu bulan sekali; (3) program tingkat pendapatan rill atau pekerjaan, masyarakat yang bekerja di perusahaan batu bara rata-rata berusia produktif; (4) program kemandirian ekonomi terdiri dari budi daya ikan, pemberian ternak dan program pemberian bibit tanaman; (5) pengembangan agama, sosial, dan budaya yaitu pembagian daging qurban, perayaan maulid, pemberian sembako, support kegiatan kepemudaan olahraga dan pembentukan sanggar seni budaya; (6) partisipasi pengelolaan lingkungan hidup, seperti penanaman pohon bekas tambang, pengecekan air limbah, dan penyiraman debu lintas operasional tambang; (7) pembentukan kelembagaan komunitas seperti kader posyandu, desa binaan PT Mifa Bersaudara, dan komunitas pertanian, dan (8) pembangunan infrastruktur dan irigasi. Peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dilihat secara khusus seperti penambahan unit rumah yang semakin bagus, serta memiliki kendaraan roda dua dan empat setelah adanya PT Mifa Bersaudara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan CSR, Kesejahteraan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Kebijakan Publik
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:52
Last Modified: 19 Oct 2023 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum