EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS MERDEKA BELAJAR TINGKAT SMK N KOTA SURAKARTA

Rima Faiqotul Affa, NIM.: 21200011111 (2023) EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS MERDEKA BELAJAR TINGKAT SMK N KOTA SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS MERDEKA BELAJAR TINGKAT SMK N KOTA SURAKARTA)
21200011111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS MERDEKA BELAJAR TINGKAT SMK N KOTA SURAKARTA)
21200011111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pendidikan di Indonesia ini sangat melekat dari pemikiran Bapak Pendidikan Ki Hadjar Dewantara pada masa kini menjadi sebuah pelopor kurikulum merdeka belajar. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara diciptakan khusus untuk anak bangsa yang mempunyai kreatifitas dan mempunyai karakter sesuai dengan pancasila di Indonesia. Kurikulum merdeka ini mempersiapkan anak bangsa untuk menghadapi dunia yang lebih maju, sehingga penerapan kurikulum merdeka tidak mudah dengan secara perlahan merubah tatanan pembelajaran. Metode pembelajaran membuat siswa dan guru membutuhkan ruang untuk beradaptasi secara bertahap. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan begaimana pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka yang diterapkan dalam sekolah menengan kejuruan di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan subjek diantaranya guru bimbingan dan konseling SMK N 2 yang sudah lebih dulu menerapkan kurikulum merdeka belajar, SMK N 8 dengan Basic jurusan seni tari gamelan, SMK N 6 sekolahan yang sudah membuat aplikasi untuk mendukung kurikulum merdeka belajar. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka diterapkan siswa melaksanakan intrakulikuler ataua akn dialihkan menjadi hasil projek. Evaluasi program bimbingan guru menggunakan pendekatan di semua SMK N Kota Surakarta sudah sepenuhnya menggunakan model pendekatan client centered teknik ini akan menjadi pembaharuan karena mengasumsikan posisi yang sejajar guru dan siswa. client centered sangat cocok untuk digunakan karena siswa dianggap mampu secara mandiri dalam segala bidang dan sebagai solusi dari permasalahan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah S.Psi., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Bimbingan dan Konseling, Kurikulum Merdeka
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:54
Last Modified: 19 Oct 2023 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum