PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD UNGGULAN PONDOK PESANTREN HABIBULLOH BANYUWANGI

Pandi Kuswoyo, NIM.: 00410507 (2005) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD UNGGULAN PONDOK PESANTREN HABIBULLOH BANYUWANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD UNGGULAN PONDOK PESANTREN HABIBULLOH BANYUWANGI)
00410507_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SD UNGGULAN PONDOK PESANTREN HABIBULLOH BANYUWANGI)
00410507_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran PAI di sekolah harus berupaya menjabarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kurikulum dengan basis moral yang tergali dari kearifan tradisi kultural dan nilai-nilai agama yang kuat, serta menganalisis tujuan pembelajaran dan karakteristik isi bidang studi Pendidikan Agama Islam yang terkandung di dalam kurikulum, maka tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terinternalisasikan dalam diri peserta didik dan terwujud dalam perilaku siswa dalam kesehariannya. Salah satu permasalahan serius yang dihadapi dunia pendidikan tingkat dasar sekarang ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif (Qualitative Research). Adapun analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan menurut analisis yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif pelaksanaan pengembangan pembelajaran PAI di SD Unggulan Pondok Pesantren Habibulloh Banyuwangi cenderung menunjukkan perkembangan yang cukup positif. Keberhasilannya didukung oleh beberapa hal sebagai berikut: I. Pengembangan PAI di SD Unggulan Pondok Pesantren Habibulloh memegang prinsip-prinsip sebagai berikut: a. Kesamaan persepsi di antara guru dan pimpinan sekolah terhadap visi. misi dan tujuan institusional PAI. b. Penanaman nilai-nilai dasar pada diri peserta didik. c. Keteladanan guru PAL guru bidang studi umum dan pimpinan dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing. d. Optimalisasi fungsi dan peran semua potensi PAI yang ada. 2. Pendekatan pengembangan PAI di SD Unggulan Pondok Pesantren Habibulloh Banyuwangi meliputi: a. Pendekatan informal; b. Pendekatan formal struktural; dan c. Pendekatan kultural 3. Pengembangan komponen-komponen pembelajaran PAI dalam upaya pembentukan kepribadian muslim siswa 4. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengembangan pembelajaran PAI di Sekolah Dasar lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PAI; siswa; pengembangan pembelajaran; kualitas guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 11:39
Last Modified: 19 Oct 2023 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum