PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM PROGRAM AKSELERASI DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Yully Nurhayati Muharam, NIM.: 00410525 (2004) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM PROGRAM AKSELERASI DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM PROGRAM AKSELERASI DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
00410525_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM PROGRAM AKSELERASI DI SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
00410525_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi dalam Pendidikan sangatlah penting, karena pendidikan yang ada selama ini masih bersifat klasikal. Semua siswa dianggap sama baik yang berbakat (berprestasi) atau yang biasa, hams mengikuti jenjang-jenjang klasikal. Anak-anak yang berbakat (berprestasi) akan merasa bosan. Karena apa yang diberikan dalam pendidikan klasikal tidak dapat rnenyesuaikan dengan kemampuan yang mereka rniliki. Disinilah sebenamya diperlukan suatu pelayanan pendidikan khusus bagi siswa yang mempunyai kernarnpuan diatas rata-rata. Saat ini sudah ada program khusus yang dibentuk oleh DEPDIKNAS untuk melayani peserta didik yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata yang dikenal dengan program kelas akselerasi (kelas percepatan). Program akselerasi ini dibentuk dengan tujuan agar peserta didik yang memiliki kelebihan diatas rata-rata dapat mengembangkan bakatnya dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang sifatnya kualitatif. Dalam menganalisaan data penulis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif, yaitu menguraikan data dengan apa adanya kemudian dianalisa dengan berdasar pada data tersebut. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran pada program akselerasi tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, baik kurikulurn maupun alokasi waktu tatap muka. Perbedaan yang nyata hanya pada waktu penyelesaian studi dan perpendekan waktu tatap rnuka. Pada program reguler dibutuhkan waktu 3 tahun dan setiap cawu dibutuhkan waktu 16 minggu. Sementara pada program ak:selerasi hanya dibutuhkan waktu 2 tahun dan setiap cawu dibutuhkan waktu 9-10 minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Soejadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: program akselerasi; guru; pembelajaran; kelas percepatan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 13:52
Last Modified: 19 Oct 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum