MINAT SISWA BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM SHALAT BERJAMA'AH (Studi Deskriptif di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)

Mamluatul Hikmah, NIM.: 00410516 (2004) MINAT SISWA BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM SHALAT BERJAMA'AH (Studi Deskriptif di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MINAT SISWA BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM SHALAT BERJAMA'AH (Studi Deskriptif di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
00410516_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MINAT SISWA BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM SHALAT BERJAMA'AH (Studi Deskriptif di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta))
00410516_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan agama di lembaga pendidikan bagaimanapun akan memberi pengaruh bagi pembentukan jiwa keagamaan pada anak. Namun demikian besar kecilnya untuk memahami nilai-nilai agama dipengaruhi pula oleh pemberian pendidikan agama itu sendiri. Sebab pendidikan agama pada hakikatnya merupakan pendidikan nilai. SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan formal tingkat menengah kejuruan yang mempunyai spesifikasi program pendidikan pada bidang teknik yang mengembangkan dua kurikulum yaitu kurikulum dari Mendiknas dan kurikulum Muhammadiyah. Kurikulum Muhammadiyah yang dikembangkan di sekolah tersebut maka bidang studi Pendidikan Agama Islam atau biasa disebut bidang studi ISMUBA ( al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) lebih banyak dibandingkan dengan sekolah menengah umum lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis, sehingga data yang diperoleh meliputi dua macam yaitu data berbentuk kalimat dan data berbentuk angka. Metode pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data-data yang diperoleh di lapangan dengan masmg­masing metode yang digunakan untuk mencari data dan berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta termasuk pada kategori sedang. 2. Tingkat keaktifan shalat berjama'ah siswa kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta termasuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sukiman,S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesadaran beragama; kebiasaan diri; siswa; sekolah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 14:40
Last Modified: 19 Oct 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum