KAJIAN PERILAKU HARIAN RUSA TIMOR (Cervus timorensis de Blainville, 1822) JANTAN DAN BETINA PADA MUSIM KAWIN DI PENANGKARAN RUSA KANTOR PEMKAB MAGELANG DI KOTA MUNGKID

Daffa Alfin Maliki, NIM.: 19106040047 (2023) KAJIAN PERILAKU HARIAN RUSA TIMOR (Cervus timorensis de Blainville, 1822) JANTAN DAN BETINA PADA MUSIM KAWIN DI PENANGKARAN RUSA KANTOR PEMKAB MAGELANG DI KOTA MUNGKID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN PERILAKU HARIAN RUSA TIMOR (Cervus timorensis de Blainville, 1822) JANTAN DAN BETINA PADA MUSIM KAWIN DI PENANGKARAN RUSA KANTOR PEMKAB MAGELANG DI KOTA MUNGKID)
19106040047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN PERILAKU HARIAN RUSA TIMOR (Cervus timorensis de Blainville, 1822) JANTAN DAN BETINA PADA MUSIM KAWIN DI PENANGKARAN RUSA KANTOR PEMKAB MAGELANG DI KOTA MUNGKID)
19106040047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rusa timor (Cervus timorensis) termasuk satwa endemik Indonesia yang populasinya mengalami penurunan karena peningkatan perburuan liar, eksploitasi, serta kerusakan habitat rusa timor akibat kebakaran hutan dan alih fungsi lahan. Perilaku harian merupakan salah satu parameter yang digunakan dalam upaya konservasi. Metode yang digunakan adalah focal animal sampling pada 3 rusa jantan dewasa beranggah keras dan 3 rusa betina dewasa menyusui. Pengamatan dilakukan selama 1 bulan (akhir pekan). Perilaku harian yang teramati pada rusa jantan adalah perilaku makan, minum, lokomosi individu, lokomosi berkelompok, grooming, kawin, eliminasi, vokalisasi, istirahat duduk dan berdiri. Sedangkan pada rusa betina teramati perilaku makan, minum, lokomosi individu, lokomosi berkelompok, grooming, kawin, eliminasi, vokalisasi, istirahat duduk, istirahat berdiri dan perilaku mothering yang hanya teramati pada rusa betina. Hasil menunjukkan perilaku harian dominan pada rusa jantan adalah makan (34,7%) dengan durasi 74,8 detik. Adapun perilaku yang jarang terlihat adalah eliminasi sebanyak 16 kali (1,7%) dengan durasi 16,6 detik. Rusa betina mempunyai perilaku dominan makan 328 kali (40,9%) dengan durasi 133,2 detik. Adapun perilaku yang jarang terlihat adalah perilaku kawin (1,1%) dengan durasi 42 detik. Kesimpulan penelitian ini adalah perilaku harian dominan pada rusa jantan betina adalah makan. Perilaku dengan durasi terlama adalah perilaku makan rusa betina. Perilaku menyimpang yang teramati adalah rusa betina kurang peduli pada anakan dan rusa jantan melakukan kopulasi dengan sesama jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Cervus Timorensis, Focal Animal Sampling, Penangkaran Rusa Pemkab Magelang, Perilaku Harian
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:59
Last Modified: 01 Nov 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum