PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI ORGANISASI (STUDI TERHADAP MAJELIS KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PIMPINAN WILAYAH MUAHMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Didik Wiyono, NIM.: 99232758 (2004) PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI ORGANISASI (STUDI TERHADAP MAJELIS KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PIMPINAN WILAYAH MUAHMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI ORGANISASI (STUDI TERHADAP MAJELIS KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PIMPINAN WILAYAH MUAHMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
99232758_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI ORGANISASI (STUDI TERHADAP MAJELIS KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PIMPINAN WILAYAH MUAHMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
99232758_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip-prinsip dasar organisasi dalam pengembangan masyarakat islam oleh MKKM Pimpinan wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseaarch) dan merupakan penelitian deksirptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode analisa data ynag digunakan adalah metode analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang telah didapatkan, kegiatan pengembangan masyarakat islam yang telah dilakukan oleh Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta memiliki standar kegiatan yang telah dijelaskan dalam SOP. Subsitem sasaran dan nilai dalam MKKM merupakan bagian paling dasar dari organisasi ini. Dalam subsitem ini MKKM telah merumuskan pola organisasi guna guna menjalankan roda organisasi ke depannya. Subsitem struktual dalam MKKM memperlihatkan adanya strategi dan kebijakan organisai serta menjelaskan fungsu tiap bagian dalam organisasi. subsitem manajerial memperlihatkan metode pelaksanaan kegiatan di masyarakat yang meliputi perencanan kegitan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil penelitian ini da[at dijadikan sebagai rujukan dalam mencari format yang ideal dala mengembangkan masyarakat, walauun secara keselutuhan konsep pelaksanaan pengembangan masyarakat tidak sepenuhnya dapay dijadikan sebagai rujukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Fajrul Munawir, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat, Organisasi, Muhammadiyah
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 15:03
Last Modified: 23 Oct 2023 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum