KONTRIBUSI KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI NOTASISIGMA BARISAN BILANGAN DAN DERET PADA SISWA KELAS I SMA KOLOMBO DE.POK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2003/2004

Isti Zakiyatul Azizah, NIM. 99434526 (2004) KONTRIBUSI KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI NOTASISIGMA BARISAN BILANGAN DAN DERET PADA SISWA KELAS I SMA KOLOMBO DE.POK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI NOTASISIGMA BARISAN BILANGAN DAN DERET PADA SISWA KELAS I SMA KOLOMBO DE.POK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99434526_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI NOTASISIGMA BARISAN BILANGAN DAN DERET PADA SISWA KELAS I SMA KOLOMBO DE.POK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
99434526_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kontribusi dari kemampuan verbal dan kemampuan numerik, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret pada siswa kelas I SMA Kolombo, Depok, Sleman, tahun pelajaran 2003/2004. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMA Kolombo sejumlah 114 siswa, sedangkan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan 3 instrumen yaitu instrumen kemampuan verbal(X1), instrumen kemampuan numerik(X2) dan instrumen penguasaan materi notasi sigma barisan bilangan dan deret(Y). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Ada kontribusi antara kemampuan verbal terhadap penguasaan materi notasi sigma barisan bilangan dan deret, dengan koefesien korelasi sebesar 0,44 dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 3,01 l950 + 0,374367X1. Koefisien determinasi kemampuan verbal (X1) terhadap penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret (Y) sebesar 0, 197 yang berarti variansi dalam penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret sebesar 19,7% dapat dijelaskan oleh kemampuan verbal. (2) Ada kontribusi antara kemampuan numerik terhadap penguasaan materi notasi sigma barisan bilangan dan deret, dengan koefesien korelasi sebesar 0,682 dan persamaan regresi yang diperoleh Y = - 0,224187 + 0,548094X2. Koefisien determinasi kemampuan numerik (X2) terhadap penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret (Y) sebesar 0,465 yang berarti variansi dalam penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret sebesar 46,5% dapat dijelaskan oleh kemampuan numerik. (3) Ada kontribusi antara kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap penguasaan materi notasi sigma barisan bilangan dan deret, dengan koefesien korelasi sebesar 0,745 dan persamaan regresi yang diperoleh Y = -1,288684 + 0,259089X1 + 0,492979X2. Koefisien detenninasi kemampuan verbal (X1) dan kemampuan numerik (X2) terhadap penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret (Y) sebesar 0,554 yang berarti variansi dalam penguasaan materi notasi sigma, barisan bilangan dan deret sebesar 55,4% dapat dijelaskan oleh kemampuan verbal dan kemampuan numerik. Bcsarnya kontribusi/sumbangan relatif <lari variabel X1 24,64% dan variabel X2 ~ 75,44%. Sedangkan sumhangan efektif dari variabel X1 = 13,648%. dan variabel X2= 41,792%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj.Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerik; prestasi belajar; notasi sigma; pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2023 10:24
Last Modified: 02 Nov 2023 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum