PESANTREN DAN WACANA KESETARAAN GENDER (Studi Pandangan Kiai, Nyai, dan Santri di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tentang Kepemimpinan dan Hak Bekerja di Luar Rumah bagi Perempuan)

Nur Karti Lestari, NIM. 02520998 (2007) PESANTREN DAN WACANA KESETARAAN GENDER (Studi Pandangan Kiai, Nyai, dan Santri di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tentang Kepemimpinan dan Hak Bekerja di Luar Rumah bagi Perempuan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESANTREN DAN WACANA KESETARAAN GENDER (Studi Pandangan Kiai, Nyai, dan Santri di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tentang Kepemimpinan dan Hak Bekerja di Luar Rumah bagi Perempuan))
02520998_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PESANTREN DAN WACANA KESETARAAN GENDER (Studi Pandangan Kiai, Nyai, dan Santri di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tentang Kepemimpinan dan Hak Bekerja di Luar Rumah bagi Perempuan))
02520998_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pandangan tentang posisi dan peran perempuan dalam masyarakat pesantren, menernpati ternpat yang sangat istimewa. Hal ini dikarenakan pada masyarakat pesantren, dalam hal ini Kiai, Nyai, dan Santri oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam masih dijadikan panutan. Ketidaksetaraan gender dalam masyarakat pesantren menjadi salah satu permasalahan yang sering diperdebatkan, karena dalam pendapat dan penafsiran para ulama klasik, yang kemudian dijadikan rujukan dalam sebuah penyelesaian masalah di masyarakat pesantren, pandangan tentang perempuan bila dibandingkan dengan laki-laki dianggap bias gender. Dijadikannya Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon sebagai obyek penelitian karena di desa ini terdapat puluhan pondok pesantren dan sudah teruji kiprahnya selama puluhan tahun. Mengacu pada pokok-:-pokok pemikiran tersebut, penyusun membatasi kajian skripsi ini dalam dua pokok masalah yaitu: Pertama, apakah persamaan dan perbedaan pandangan Kiai, Nyai dan Santri Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tentang kepemimpinan perempuan atau policy dan hak bekerja di luar rumah. Kedua, bagaimana implikasi pandangan Kiai, Nyai dan Santri Babakan Ciwaringin Cirebon terhadap kesetaraan gender di pesantren. Skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik. Dalam penelitian jenis i11i, kedua masalah akan dibahas dengan menggunakan analisis gender, yaitu serangkaian kriteria yang digunakan untuk mempertanyakan ketidakadilan sosial dari aspek: hubungan antar jenis kelamin. Dalam hal ini adalah tentang hak dan posisi perempuan dalam kepemimpinan di wilayah publik dan hak kebebasan perempuan dalam bekerja diluar rumah. Dalam melakukan penelitian, penyusun menggunakan tiga macam metode pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang kepemimpinan perempuan menunjukkan bahwa sebagian Kiai, Nyai, dan Santri melihat pada kemampuan dan kepribadian seseorang ketika memposisikannya sebagai pemimpin, dan sebagian lagi memandang bahwa kepemimpinan perempuan terhadap publik sedapat mungkin dihindari dan baru terbuka ketika tidak ada lagi seorang laki-laki yang mampu. Dan tentang hak perempuan bekerja diluar rumah, sebagian mengaln1i adanya kebebasan hak bagi perempuan untuk bekerja di luar rumah, namun sebagian lagi masih rnembatasinya dalam koridor syariat Islam atau aqidah, dan adanya izin dari orang tua atau suami ketika sudah berkeluarga, serta penjagaan terhadap nilai, nonna, dan adab dalam berinteraksi. Implikasi pandangan Kiai, Nyai, dan Santri tersebut adalah mereka menyatakan posisi dan kedudukan antara perempuan dan laki-laki setara, tapi pada kenyataannya tidak setara. Hal tersebut dapat dilihat dalam partisipasi perempuan, akses, kontrol, dan manfaat yang berbeda dengan laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pesantren dan wacana kesetaraan gender, Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Oct 2023 12:53
Last Modified: 20 Oct 2023 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum