PENERAPAN METODE MARVIN E.MUNDEL UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS PADA CHESTER KONVEKSI)

Helma Widiya Siregar, NIM.: 19106060049 (2023) PENERAPAN METODE MARVIN E.MUNDEL UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS PADA CHESTER KONVEKSI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MARVIN E. MUNDEL UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS PADA CHESTER KONVEKSI))
19106060049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MARVIN E. MUNDEL UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS PADA CHESTER KONVEKSI))
19106060049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konveksi merupakan salah satu usaha yang mudah ditemukan. Permintaan pasar dan produksi terkadang tidak sesuai karena banyaknya persaingan. Suatu perusahaan harus memiliki kekuatan agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya. Pengukuran produktivitas dan sumber daya merupakan kekuatan perusahaan. Pengukuran bertujuan untuk mencapai suatu standar yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Produktivitas dihitung menggunakan data dari bulan januari 2022- desember 2022. Metode Marvin E. Mundel menitik beratkan (biaya tenaga kerja, bahan baku, maintenance, energi, dan harga produk). Tahapan-tahapan untuk menghitung menggunakan metode Marvin E. Mundel. Metode Marvin E. Mundel memilki yaitu perhitungan deflator, perhitungan harga konstan, perhitungan resources input partial (RIP), perhitungan agregat output, perhitungan indeks produktivitas parsial, dan perhitungan indeks produktivitas total. Perhitungan indeks produktivitas total diperoleh dari perbandingan total keseluruhan biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, biaya maintenance, biaya energi, dan biya produk pembuatan kaos di chester konveksi. Indeks produktivitas total tertinggi jatuh pada bulan november sebesar Rp 438.000, dari periode dasar yaitu bulan januari mengalami kenaikan Rp 338.000 Setelah melakukan perhitungan pengukuran dilakukan evaluasi menggunakan 5W + 1H untuk dijadikan salah satu rujukan dalam perbaikan di Chester Konveksi, penyebab masalah diadakannya usulan perbaikan yaitu efektivitas produktivitas yang rendah, kehadiran pekerja yang kurang dari hari kerja normal, dan kecatatan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ir. Yandra Rahadian Perdana, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Deflator, Harga Konstan, Resources Input Partial (Rip), Agregat Output, Indeks Produktivitas Parsial, Dan Indeks Produktivitas Total
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Oct 2023 13:38
Last Modified: 20 Oct 2023 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum