MANAJEMEN PELAYANAN JAMA'AH HAJI KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KOTAMADYA YOGYAKARTA

Sri Maryati, NIM.: 03240043 (2007) MANAJEMEN PELAYANAN JAMA'AH HAJI KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KOTAMADYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN JAMA'AH HAJI KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KOTAMADYA YOGYAKARTA)
03240043_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN JAMA'AH HAJI KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KOTAMADYA YOGYAKARTA)
03240043_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji dilaksanakan setiap tahun oleh umat Islam di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang No 17 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan ibadah haji menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban meningkatkan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah haji yang diupayakan melelui sistem dan manajemen penyelenggaraan haji. Penyeleggaraan sistem dan manajemen haji dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntutan agama serta jamaah dapat dilaksanakan ibadah secara mandiri sehingga diperoleh haji yang mabrur. Kantor Departemen Agama Kotamadya adalah instansi yang bertugas memberikan pelayanan penyelenggaraan haji dan umroh. Kantor Departemen Agama merupakan instansi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dari segi pelayanan. Bahkan dapat memberikan jawaban atas semua kegelisahan masyarakat tentang bentuk pelayanan dan bimbingan haji. Penyelenggaraan ibadah haji di Kotamadya Yogyakarta masih belum maksimal terutama pada mutu pelayanan, lemahnya sumber daya manusia, bimbingan dan perlindungan kepada warga negara yang melakukan ibadah haji. Selama ini pelayanan kepada jamaah haji belum sesuai dengan tuntutan dan keinginan jamaah haji. Terkadang mereka sebagai petugas masih mementingkan kepentingan pribadi padahal mereka sebagai abdi masyarakat. Masih minimnya kwalitas dari petugas haji dan pelayanan yang diberikan adalah tugas berat dari Seksi Penyelengaraan haji dan Umroh. Untuk itu perlu adanya sebuah manajemen pelayanan yang baik, sehingga jamaah haji mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan jama'ah haji di Kantor Departemen Agama Kotamadya Yogyakarta: Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bentuk-bentuk pelayanan yang ada di Kantor Departemen Agama Kotamadya Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menguraikan data-data yang telah dikumpulkan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi yaitu survei langsung ke Kantor Departemen Agama Kotamadya Yogyakarta dengan mengamati proses pelayanan, interview atau wawancara dengan petugas-petugas haji yaitu kepala dan staf Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, dan dokumentasi berupa buku, jurnal atau tulisan yang mendukung penelitian ini. Sedangkan teknis analisis dengan menggunakan analisis SWOT, variabel yang digunakan adalah manajemen pelayanan jama'ah haji. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui proses manajemen pelayanan jama'ah haji di Kantor Departemen Agama Kotamadya Yogyakarta Adapun bentuk manajemen pelayanan ini dapat dilihat dari bentuk pelayanan yang diberikan oleh Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Hasan Baihaqi AF, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Haji, Umroh, Pelayanan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 15:08
Last Modified: 23 Oct 2023 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum