ANALISIS FUNGSI PENGAWASAN ORGANISASI (Studi Kasus Tentang Pengawasan Arisan Haji Oleh Paguyuban Tabungan Ongkos Naik haji "Zam-Zam" di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah

Dinda Estelita, NIM.: 03240005 (2007) ANALISIS FUNGSI PENGAWASAN ORGANISASI (Studi Kasus Tentang Pengawasan Arisan Haji Oleh Paguyuban Tabungan Ongkos Naik haji "Zam-Zam" di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FUNGSI PENGAWASAN ORGANISASI (Studi Kasus Tentang Pengawasan Arisan Haji Oleh Paguyuban Tabungan Ongkos Naik haji "Zam-Zam" di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah)
03240005_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FUNGSI PENGAWASAN ORGANISASI (Studi Kasus Tentang Pengawasan Arisan Haji Oleh Paguyuban Tabungan Ongkos Naik haji "Zam-Zam" di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah)
03240005_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Paguyuban Tabungan ONH "Zam-Zam" merupakan salah satu bentuk organisasi masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dalam menjalankan kegiatannya, paguyuban "Zam-Zam" menerapkan fungsi-fungsi manajemen, salah satunya yaitu fungsi pengawasan yang memegang peranan penting dalam suatu organisasi. Fungsi pengawasan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjamin bahwa tujuan dari pendirian paguyuban dapat terlaksana sesuai dengan rencana awal tanpa adanya penyimpangan atau pemborosan didalamnya. Dalam realitanya, jarang ditemukan suatu perencanaan yang dapat terlaksana dengan sepenuhnya, meskipun struktur organisasi telah disusun rapi dan telah diarahkan sesuai dengan tugasnya masing-masing, namun bukan menjadi suatu jaminan tercapainya tujuan yang telah direncanakan semula. Hal ini menyebabkan perlunya diadakan pengawasan untuk mendeteksi segala bentuk penyimpangan terhadap rencana dan mengadakan koreksi terhadap bentuk penyimpangan tersebut, agar kegiatan yang akan dilaksanakan lebih terarah dan menuju pada pencapaian tujuan. Penelitian ini menekankan pada fungsi pengawasan organisasi arisan haji yang dilakukan oleh Paguyuban Tabungan Ongkos Naik Haji "Zam-Zam" di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengali, untuk lebih mengetahui pengawasan yang dilakukan oleh paguyuban tersebut. Dari hasil penelitian studi kasus dilapangan, didapatkan adanya bentuk pengawasan yang masih tradisional dalam paguyuban tersebut, artinya pengawasan yang dilakukan belum sesuai dengan teori manajemen. Hal ini disebabkan SDM dari pengurus maupun anggota yang masih kurang memahami akan pentingnya fungsi-fungsi manajemen dalam berorganisasi. Namun dalam kenyataannya, paguyuban ini mampu bertahan dan bahkan cenderung mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan paguyuban ini dapat dilihat dari masyarakat yang antusias dengan program arisan haji dan banyak yang ingin menggabungkan diri mereka ke dalam paguyuban. Banyaknya masyarakat yang ingin bergabung ini disebabkan karena kepercayaan masyarakat kepada pengurus Paguyuban Tabungan ONH "Zam-Zam" sebagai pengelola arisan haji, yang dapat dinilai dari sedikitnya dan hampir tidak mengalami masalah dalam perjalanannya. Data-data ini diperoleh melalui hasil interview, observasi dan dokumentasi yang ada pada paguyuban tersebut, adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah para pengurus dan anggota paguyuban sedangkan objek penelitiannya pada fungsi pengawasan organisasi (arisan haji).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Haji, Organisasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:21
Last Modified: 24 Oct 2023 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum