KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH

Musthofa, NIM.: 00420140 (2004) KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH)
00420140_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH)
00420140_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Guru sebagai pendidik dan pengajar adalah salah satu subjek pendidikan yang mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Disamping sebagai seorang pendidik guru diharapkan mampu menjadi pendamping dan pembimbing siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar. Dalam penelitian ini rumusan masalah ada 4 yakni: 1). Bagaimana pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang Jawa Tengah perspektif kemampuan mengajar yang dimiliki guru-guru. 2). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam merencanakan pengajaran 3). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses pengajaran 4). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam mengevaluasi Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Pengajaran bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang disamping bertujuan sesuai dengan yang ada dalam GBPP bahasa Arab Madrasah Aliyah, juga memiliki tujuan lain yakni agar siswa bisa membaca kitab kuning. Dengan menggunakan metode ; ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, demonstrasi dan cerita. Sedangkan pengajaran bahasa Arab di MA. YSPIS perspektif kemampuan mengajar guru ada beberapa komponen penting dalam pengajaran yaitu ; perumusan tujuan, perencanaan pengajaran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan evaluasi. 2. Secara obyektif guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang tidak memiliki kemampuan dalam merencanakan pengajaran. 3. Melihat proses pengajaran yang dilaksanakan guru-guru bahasa Arab secara kualitatif guru-guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pengajaran dengan baik dengan menggunakan berbagai metode dan performan yang meyakinkan. 4. Secara faktual guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang memiliki kemampuan yang baik dalam mengevaluasi pengajaran, baik evaluasi sumatif, formatif, dan pengadaan program perbaikan dan pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu,tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: belajar: guru Bahasa Arab; metode mengajar; analisis materi pelajaran; pengelolaan kelas
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Oct 2023 14:37
Last Modified: 20 Oct 2023 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum