PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN NILAI AFEKTIF SISW A KELAS II A DI SMA NEGERI 2 NGAWI

Laili Khusnul Khotimah, NIM.: 00410513 (2004) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN NILAI AFEKTIF SISW A KELAS II A DI SMA NEGERI 2 NGAWI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN NILAI AFEKTIF SISW A KELAS II A DI SMA NEGERI 2 NGAWI)
00410513_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN NILAI AFEKTIF SISW A KELAS II A DI SMA NEGERI 2 NGAWI)
00410513_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang tidak hanya mengutamakan kecerdasan intelektual semata, namun juga kecerdasan spiritual dan ruhaniahnya juga tercapai. Dalam upaya perbaikan perilaku anak didik maka sistem pembelajaran di sekolah perlu mendapatkan langkah­langkah penyempurnaan dan pengembangan. Pengembangan pembelajaran tersebut baik dari sisi tujuan, materi, metode, media ataupun evaluasinya. Adapun Pengembangan pembelajaran PAI sudah mulai diterapkan juga di SMAN 2 Ngawi. Berbagai usaha yang dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran agama yang tidak monoton dan lebih bervariatif telah nampak dalam lingkungan sekolah ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui infonnasi tentang pengembangan pembelajaran PAI dalam merealisasikan nilai afektif siswa kelas IIA di SMAN 2 Ngawi. Kesimpulan penelitian ini: 1. Tujuan pengembangan pembelajaran PAI adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran P Al yang lebih kondusif serta tujuan pembelajaran PAI yang lebih menekankan pada aspek afektif siswa dapat tercapai. 2. Pelaksanaan pengembangan pembelajaran PAI pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Komponen-komponen yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di sekolah ini, meliputi: Tujuan, Materi, Metode, Media, dan Evaluasi 3. Adanya Faktor pendukung dan penghambat. Faktor yang menjadi pendukung dari pengembangan PAI ini adalah adanya berbagai fasilitas di kelas unggulan, ketela<lanan dari para guru, terciptanya suasana religius di sekolah dan berperan aktifnya para alumni sekolah tersebut. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam pengembangan pembelajaran PAI ini adalah, terbatasnya waktu, kurang lengkapnya fasilitas di kelas reguler dan kurangnya kesadaran dari siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suyadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PAI; nilai afektif; siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Oct 2023 15:09
Last Modified: 20 Oct 2023 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum