PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PROGRAM POKMAS IDT DI DESA KEDUNG JERUK KEC. MOJOGEDANG KAB. KARANGANYAR (STUDI KASUS POKMAS KANTIL II)

Arifah Fitria Hapsari, NIM.: 03230014 (2007) PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PROGRAM POKMAS IDT DI DESA KEDUNG JERUK KEC. MOJOGEDANG KAB. KARANGANYAR (STUDI KASUS POKMAS KANTIL II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PROGRAM POKMAS IDT DI DESA KEDUNG JERUK KEC. MOJOGEDANG KAB. KARANGANYAR (STUDI KASUS POKMAS KANTIL II))
03230014_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PROGRAM POKMAS IDT DI DESA KEDUNG JERUK KEC. MOJOGEDANG KAB. KARANGANYAR (STUDI KASUS POKMAS KANTIL II))
03230014_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah sebagian aparat desa kedung jeruk, sebagian pengurus pokmas kantil ii, sebagian pokmas kantil ii. Sedangkan objek penelitian dari skripsi ini adalah pelaksanaan program pokmas idt di desa kedung jeruk mojogedang, karanganyar, jawa tengah sebagai upaya pemberdayaan ekonomi rakyat dan hasil pemberdayaan ekonomi rakyat diplomas kantil ii desa kedung jeruk. Dalam penulis ini digunakan 3 cara untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan untuk menetapkan keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa program pokmas idt bertujuan melakukan pemberdayaan ekonomi rakyat yang mendorong menggerakkan dan membina prakarsa serta untuk mengembangkan usaha swadaya gotong royong masyarakat. Program POKMAS IDT dilakukan dengan cara memperkuat ekonomi anggotanya melalui bentuk simpan-pinjam dan usaha kelompok berupa ternak sapi Dari tahun 1994-2007 saldo yang ada di POKMAS Kantil II adalah berupa uang sebesar Rp.6.000.000,00 dan 2 ekor sapi 3 Pemberdayaan ekonomi rakyat yang paling berkembang dan langsung bisa dirasakan hasilnya oleh anggota POKMAS Kantil 1 adalah kegiatan peminjaman uang dengan bunga yang rendah dan proses yang mudah. Peran aktif seluruh anggota POKMAS Kantil II mampu mendorong aktif seluru terlaksananya seluruh kegiatan POKMAS Kantil II dalam rangka meningkatkan ekonomi. Sehingga kegiatan POKMAS Kantil II dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suyatno, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Pokmas, Keadaan Ekonomi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:22
Last Modified: 24 Oct 2023 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum