PERILAKU ANGGOTA DALAM MELAKUKAN PENYELESAIAN ANGSURAN PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH

Azrul Effendi Eka Putra, NIM.: 16380055 (2023) PERILAKU ANGGOTA DALAM MELAKUKAN PENYELESAIAN ANGSURAN PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU ANGGOTA DALAM MELAKUKAN PENYELESAIAN ANGSURAN PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH)
16380055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU ANGGOTA DALAM MELAKUKAN PENYELESAIAN ANGSURAN PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH)
16380055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah suatu koperasi yang kegiatan usahanya menghimpun dan menyalurkan dana kepada para anggotanya dengan bunga yang rendah. Koperasi simpan pinjam ini disebut juga sebagai koperasi kredit dimana pengelolaannya dilakukan secara mandiri dan demokratis, serta para anggotanya bergabung secara sukarela. Berhasil atau tidaknya koperasi bisa dilihat dari anggota dalam menyelesaikan angsuran pembiyayaan, jika anggota lancar dalam melakukan pembayaran angsuran maka akan semakin mudah dan cepat pula suatu koperasi dalam melakukan perputaran modal, jika terjadi sebaliknya apabila anggota semakin lama dan menunda pembayaran angsuran maka akan semakin sulit pihak koperasi dalam melakukan pengelolaan dana dan perputaran modal. Penyusunan ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana prilaku anggota dalam melalukan penyelesaian angsuran di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Pusat Jawa Timur dalam kajian hukum ekonomi syari’ah. Selain itu, penyusunan ini hanya fokus dalam menyelidiki sifat dan perilaku anggota dalam melaksanakan pembayaran angsuran. Penyusunan ini menggunakan analisis kualitatif untuk menjelaskan secara mendalam terkait dengan perilaku anggota dalam melalukan penyelesaian angsuran di koperasi. Penyusunan dilakukan di KSPPS Mandiri Sejahtera Pusat Jawa Timur, pemilihan koperasi berangkat dari awal data yang diperoleh. Data awal menunjukan bahwa adanya masalah dalam perputaran modal. Terdapat 100 anggota pembiayaan koperasi yang digunakan sebagai sample dalam penyusunan ini. Selama proses pengumpulan data, kuesionare digunakan sebagai instrumen pertama. Sebagaimana, kuesionare jenis close ended dibagikan kepada respondent di koperasi untuk mendapatkan data awal yang kemudian di validasi dengan instrumen yang kedua. Instrumen kedua adalah wawancara. Dimana, wawancara ini dilakukan terhadap pihak koperasi khususnya bagian marketing. Setelah pengambilan data, penyusun menganalisis data sekaligus sebagai kesimpulan yang berkaitan dengan Hukum Ekonomi Syari’ah dalam penyusunan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan beberapa perilaku anggota koperasi dalam menyelesaikan pembiayaan mulai dari perilaku aktif hingga perilaku pasif. Penyusun menemukan anggota yang berperilaku baik dan kurang baik dalam melakukan pembayaran cicilan. Penyebab permasalahan di atas berasal dari faktor internal dan eksternal. Dalam Hukum Ekonomi Syariah, mereka dikelompokkan menjadi anggota yang diklasifikasikan sebagai haram, mubah (diperbolehkan), atau halal. Sebagai saran untuk mengatasi masalah tersebut, para anggota perlu menyadari dan memiliki itikad baik dalam menyelesaikan tanggung jawab. Selain itu, koperasi harus lebih cermat dalam memilih anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, BMT, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi - Masalah Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:48
Last Modified: 23 Oct 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum