TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG PERIKLANAN MEDIA SUARA

Alsyari Gheananda Savitri, NIM.: 16380073 (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG PERIKLANAN MEDIA SUARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG PERIKLANAN MEDIA SUARA)
16380073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TENTANG PERIKLANAN MEDIA SUARA)
16380073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy

Abstract

Radio adalah jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat. Salah satu faktor yang membuat radio masih bertahan (eksis) sebagai salah satu media penyiaran adalah iklan, tanpa iklan radio tidak akan bertahan. Periklanan merupakan bentuk dari kegiatan bisnis yang memerlukan etika agar periklanan dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan. Peneliti membahas terkait transaksi pelayanan jasa periklanan melalui media suara menurut etika periklanan dan etika bisnis Islam. Metode penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui transaksi jasa pelayananan pemasangan iklan sehingga konten iklan dapat ditayangkan menurut tinjauan etika bisnis Islam dan etika periklanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi lapangan(field research) yang sumber datanya diperoleh berdasarkan hasil wawancara. Data yang diperoleh akan ditinjau menurut etika periklanan dan etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini menujukan bahwa praktik pelayanan jasa periklanan di beberapa media suara atau radio antara lain Hard Rock FM, Elshinta FM, Sonora FM, Suzana FM telah sesuai dengan etika periklanan dan etika bisnis Islam karena telah mematuhi dan menerapkan aturan yang berlaku. Pada Suara Surabaya FM dan MTB FM pernah melakukan penyimpangan atas peraturan yang berlaku sehingga belum memenuhi etika periklanan dan belum sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syafaul Mudawam, MA., MM
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Etika, Radio
Subjects: Akhlak - Etika
Media massa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:50
Last Modified: 23 Oct 2023 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum