PERAN ORGANISASI SANTRI DARUL HIKMAH DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN SHOLAT FARDHU BERJAMAAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO

Helmi Afif Purwataruna, NIM.: 16410040 (2023) PERAN ORGANISASI SANTRI DARUL HIKMAH DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN SHOLAT FARDHU BERJAMAAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI SANTRI DARUL HIKMAH DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN SHOLAT FARDHU BERJAMAAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO)
16410040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI SANTRI DARUL HIKMAH DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN SHOLAT FARDHU BERJAMAAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO)
16410040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Disiplin berarti tata tertib untuk bisa mengendalikan tingkah laku, melatih membentuk kemampuan mental seseorang, serta kesadaran diri untuk mengikuti dan menaati peraturan. Sholat fadhu adalah kewajiban bersifat individual (fardlu ‘ain) yang penyelenggaraannya disunatkan berjamaah. Peneliti menemukan kenyataan di lingkungan Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo bahwa Organisasi Santri Darul Hikmah (OSDH) dan ustadz telah ikut membina kedisiplinan santri. Meski sudah memiliki peraturan tetapi masih ada santri yang berani melanggar peraturan tersebut. Penelitian bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan sholat fardhu berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo; 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran OSDH dalam menegakkan disiplin sholat fardhu berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo; 3) Untuk mengetahui dan menganalisa hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan dalam membina kedisplinan sholat fardhu berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi data jenis metode. Analisis data mengunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kedisiplinan shalat fardhu berjama’ah di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo tergolong cukup disiplin walaupun masih terdapat beberapa santri yang terlambat mengikuti shalat berjama’ah dan hampir tidak ada santri yang tidak melaksanakan sholat fardhu berjamaah. 2) Peran OSDH dalam menegakkan disiplin sholat fardhu berjama’ah santri yaitu dengan menjadikan pengurus suri tauladan bagi para santri, organisasi yang menjadi wadah untuk mengembangkan karakter dan softskill bagi seluruh santri, serta sebagai penegak dan pengawas dalam kedisiplinan shalat berjama’ah para santri. 3) Hambatan dalam membina kedisplinan sholat fardhu berjamaah santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo yaitu kurangnya monitoring pembina terhadap para pengurus OSDH, teman sebaya, serta berbagai latar belakang pola asuh keluarga santri yang membuat lama beradaptasi dengan ketentuan pondok. Pendidikan lewat pembiasaan/habiting peserta didik, suritauladan kakak kelas dan teman sebaya, serta kepemimpinan lewat sebuah ekosistem pondok pesantren perlu dipertahankan dan kembangkan lagi kualitasnya lewat monitoring dan evaluasi sehingga dapat dicontoh oleh institusi pendidikan lainnya di tengah isu global tentang moralitas dan mental generasi muda yang makin mengkhawatirkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Santri, Kedisiplinan, Sholat Fardhu, Pondok Pesantren
Subjects: Islam dan Organisasi
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:57
Last Modified: 23 Oct 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum