PENGEMBANGAN MODUL AL-INSY’A AT-TAHRIRIY BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Nailin Najihah, NIM.: 21204021019 (2023) PENGEMBANGAN MODUL AL-INSY’A AT-TAHRIRIY BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL AL-INSY’A AT-TAHRIRIY BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204021019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AL-INSY’A AT-TAHRIRIY BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204021019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya keterampilan menulis mahasiswa PBA UIN Sunan Kalijaga pada mata kuliah Al-Insya’ At-Tahririy , kurangnya latihan dan tidak adanya modul dalam pembelajaran. Modul Al-Insya’ At-Tahririy ini hadir sebagai solusi atas permasalah di atas. Peneliti memilih pendekatan komunikatif sebagai basis pengembangan modul ini karena pendekatan ini bertujuan melatih pembelajar untuk menguasai keterampilan menyampaikan pesan dalam bentuk tertulis sehingga standar penilaiannya tidak terletak pada akurasi liguistik dan minim dari kekeliruan, akan tetapi kemampuan untuk menyampaikan pesan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kualitas pengembangan modul Al-Insya’ At-Tahririy berbasis pendekatan komunikatif untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) Mengetahui efektifitasnya. Untuk melakukan pengembangan, peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah purpossive sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga angkatan tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Selanjutnya, peneliti menganalisis data statistik menggunakan statistik deskriptif, uji Paired Sample T-Test dengan JASP dan N-Gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan modul Al-Insya’ At-Tahririy berbasis pendekatan komunikatif menghasilkan modul “Al-Insya’ Al-Basīṭ. Berdasarkan nilai dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa; kualitas modul ini “baik”. 2) Modul ini “cukup efektif” untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan,S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Modul, Al-Insyā’ At-Tahrīri, pendekatan komunikatif, Mahārah Al- Kitābah.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:14
Last Modified: 23 Oct 2023 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum