PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN SAVI DENGAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA MAN 1 SLEMAN

Yuli Imawan, NIM: 21204021024 (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN SAVI DENGAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA MAN 1 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN SAVI DENGAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA MAN 1 SLEMAN)
21204021024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BAHASA ARAB BERBASIS PENDEKATAN SAVI DENGAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA MAN 1 SLEMAN)
21204021024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Arab. Hal itu menyebabkan hasil belajar siswa ikut menurun. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh minimnya penggunaan bahan ajar yang inovatif dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Sleman, guru sebagai pendidik masih terpaku dan mengandalkan buku-buku teks dalam menjelaskan materi pembelajaran melalui metode ceramah. Proses pembelajaran yang demikian, mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu, pembelajaran dewasa ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Sehingga, adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul elektronik bahasa Arab berbasis pendekatan SAVI dengan aplikasi Flip PDF Professional. 2) Mengetahui efektivitas modul elektronik bahasa Arab berbasis pendekatan SAVI yang dikembangkan dengan aplikasi Flip PDF Professional untuk siswa MAN 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impementation dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas modul elektronik, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI MAN 1 Sleman. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka dianalisis menggunakan uji Independent Sample T- Test, dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Produk berupa modul elektronik bahasa Arab berbentuk Flipbook berbasis pendekatan SAVI. Memuat materi kelas XI semester genap dengan tema al-Adyānu fī Indūnīsiya. Dalam rangka untuk mendorong aktivitas belajar somatis, auditori, visual dan intelektual siswa, konten materi pada modul elektronik bahasa Arab disajikan ke dalam beragam bentuk, antara lain; bentuk teks, gambar, audio, audio-visual dan link quiz intelektual. 2) Hasil analisis produk yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli, meliputi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai oleh ahli media sebesar 78,00%, termasuk pada kategori “layak”, sedangkan dari ahli materi sebesar 89,71% termasuk pada kategori “sangat layak”. Respons guru dan siswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan sangat positif. Rata-rata respons guru pada keseluruhan aspek yang dinilai adalah 4,32, adapun rata-rata respons siswa adalah sejumlah 4,34. Derajat persepsi dari kedua skor tersebut yakni “sangat positif”. Hasil uji T-test data Post-test kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain score kelas eksperimen dengan nilai mean sebesar 0,57 atau 57,30% dengan kategori tafsiran “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik bahasa Arab berbasis pendekatan SAVI cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Pendekatan SAVI, Flip PDF Professional.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:39
Last Modified: 23 Oct 2023 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum