STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Luthfi Laila Salsabila, NIM: 21204031040 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG)
21204031040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI TK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG)
21204031040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengenalan literasi sangatlah penting diajarkan sejak usia dini karena dapat memudahkan setiap anak mengatasi masalah baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Namun capaian kompetensi tersebut tentu memerlukan strategi dan perencanaan yang baik untuk mengatasi pembelajaran yang monoton dan mampu meningkatkan literasi sejak usia dini. Melalui strategi pembelajaran sains berbasis kurikulum merdeka, guru dapat menciptakan praktik pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan literasi anak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi pembelajaran sains dan proses pengembangan pembelajaran sains berbasis kurikulum merdeka untuk meningkatkan literasi anak di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan data sekunder yaitu dokumen pendukung dari sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di uji keabsahan datanya melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Adapun analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi pembelajaran dengan permainan sains berbasis kurikulum merdeka diterapkan dengan baik diawali dari perencanaan guru menggunakan prosedur terkait tema yang diajarkan, peralatan penggunaan proses pembelajaran, sistem kelompok, variasi media gambar, RPPH sesuai dengan ajaran kurikulum merdeka. (2) proses pengembangan pembelajaran sains berbasis kurikulum merdeka yaitu mendesain pembelajaran dengan media pembelajaran sains yang dapat dilihat pada kegiatan belajar baik dari kegiatan pembuka, kegiatan pembiasaan, kegiatan inti yang dilengkapi media sains, dan kegiatan penutup sebagai refleksi proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Science Learning Strategy, Independent Curriculum, Children's Literacy.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:40
Last Modified: 23 Oct 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum