SEP PENCIPTAAN ADAM DAN HA WA DALAM AL-QUR' AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP KESETARAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

Eka Rahmawati, NIM. 03531411 (2007) SEP PENCIPTAAN ADAM DAN HA WA DALAM AL-QUR' AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP KESETARAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEP PENCIPTAAN ADAM DAN HA WA DALAM AL-QUR' AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP KESETARAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN)
03531411_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SEP PENCIPTAAN ADAM DAN HA WA DALAM AL-QUR' AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSEP KESETARAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN)
03531411_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Konsep penciptaan Adam dan Hawa mcrupakan akar munculnya konsep kesctaraan atau ketidaksetaraan laki-laki dan percmpuan. Semcntara itu, kisah jatulmya Adam dan Hawa dari surga dimaksudkan untuk mendapatkan penjelasan apakah dalam kisah ini Hawa yang tergoda ataukah Adam, atau kedua-duanya. Penclitian ini mcrujuk pada kitab tafsir karya al-Tabari, yang berjudul bcrjudul Tafsir Jami al -Bayan Tafslr al-Qur'an dan karya Quraish Shihab yang bcrjudul Tafs:ir Al-Mish bah Pesan , Kesan dan Kcserasian AJ-Qur'an. Tafsir .Jami' al Bayan fi tafsir -Qur'an mcnjadi pilihan karcna kitab ini mcrupakan tafsir klasik karya lbn Jarir al-Tabad yang mcrupakan kumpulan penafsiran al-Qur' an olch scjumlah ahli tafsir selama tiga abad pertama. Tafsir ini tidak hanya dikcnal pada masanya, namun masih banyak digunakan sebagai rujukan sampai saat ini. Kitab tafsir ini sering kali dijadikan rujukan dalam pembahasan mengenai isu gender seperti yang dilakukan oleh Nasaruddin Umar. Kitab tafsir karya M. Quraish Shihab juga menarik untuk ditcliti karena Ta/sir al-Mishbah merupakan karya monumental yang ditulis oleh Quraish Shihab setelah kegagalan bcliau dalam mcnulis kitab Tafsir Qur'an al-Karim dan beliau juga adalah seorang mufassiryang berkebangsaan Indonesia. cnclitian ini mcrupakan pcnelitian libra.ty research dan teknik pcngumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Adapun langkah-langkah yang ditcmpuh dalam mclakukan pcngumpulan data adalah: Pcrtama, mencari ayat-ayat yang memuat tentang Adam dan Hawa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa al-Tabari dan Quraish Shihab menafsirkan bahwa Adam sebagai manusia pcrtama, bapak dari scluruh manusia yang diciptakan dari tanah. Bcrbcda dcngan Adam, Hawa adalah manusia kedua yang diciptakan setclah Adam yang diciptakan dari bagian tubuh Adam. Pcrbedaannya tcrlctak pada pemahaman jatuhnya Adam dan Hawa dari surga. lmpHkasi dari kisah tcrsebut bahwa pcnafsiran Tabari dalam hal ini tidak mcnunjukkan adanya konscp kesctaraan, scdangkan penafsiran Quraish Shihab menunjukkan adanya konsep kesetaraan kcsetaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Fauzan Na'if, MA.
Uncontrolled Keywords: Konsep Penciplaan Adam dan Hawa d al-Qur'an clan Implikasinya Terhadap Konsep Kesetaraan Laki-Lah dan
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Oct 2023 10:26
Last Modified: 23 Oct 2023 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum