PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TERHADAP AGAMA (ETTITUDE TOWARD RELIGIOUS) BERBASIS TEKNIK PEER AND SELF ASSESMENT KELAS V MI/SD

Rohmi Triwulandari, NIM: 21204081008 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TERHADAP AGAMA (ETTITUDE TOWARD RELIGIOUS) BERBASIS TEKNIK PEER AND SELF ASSESMENT KELAS V MI/SD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TERHADAP AGAMA (ETTITUDE TOWARD RELIGIOUS) BERBASIS TEKNIK PEER AND SELF ASSESMENT KELAS V MI/SD)
21204081008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TERHADAP AGAMA (ETTITUDE TOWARD RELIGIOUS) BERBASIS TEKNIK PEER AND SELF ASSESMENT KELAS V MI/SD)
21204081008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian afektif (attitude toward religious) berbasis teknik self and peer assessment yang ditinjau berdasarkan Kompetensi Inti dari aspek afektif yang diperlukan dalam pengembangan karakteristik peserta didik di sekolah dasar. Proses pembelajaran yang masih terpaku dengan perolehan nilai dan langkah guru dalam mengukur karakteristik perkembangan masih berpacu dengan objek visual. Oleh karena itu dalam proses untuk memajukan perkembangan karakteristik dalam sikap religius melalui penilaian afektif perlu juga menggunakan sebuah instrumen penilaian, jadi tidak hanya di ukur dengan objek visual, namun juga dengan penilaian tertulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan model 4D. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, observasi, dan diskusi terhadap guru. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah sampel 50 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk menggunakan expert judgement dan validasi responden. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu, 1) diketahui bahwa tahapan dalam pengembangan instrumen dengan model 4D ialah difine (pendefinisian) terdiri dari: analisis awal, analisis peserta didik, analisis karakteristik, perumusan konsep dan perumusan assessment. Design (perancangan, Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). 2) Karakteristik instrumen penilaian yang baik mencakup valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik dan proporsional. Berdasarkan perhitungan data tentang kevalidan dari ahli assessment yaitu dengan perolehan nilai 97 dengan kategori sangat valid, pada perolehan hasil self assessment rata-rata validitas sebesar 0,702 dan reliabilitas Kr-20 sebesar 0,812 dengan kriteria “reliabilitas sangat tinggi”, sedangkan pada peer assessment hasil validitas sebesar 0,671 dan reliabilitas KR-20 sebesar 0,652 dengan kriteria “reliabilitas tinggi”. 3) Secara umum penilaian dengan menggunakan instrumen penilaian afektif (attitude toward religious) berbasis Teknik self and peer assessment di kategorikan baik atau valid. 4) perolehan hasil penilaian self assessment pada kategori tinggi terdapat 42 peserta didik, kategori sedang 8 peserta didik dan tidak ada peserta didik yang memperoleh kategori rendah. Sedangkan pada penilaian peer assessment pada kategori tinggi 28 peserta didik, kategori sedang 19 peserta didik dan rendah yaitu 3 peserta didik. Penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik pada pelajaran Islam dalam aspek penilaian afektif terhadap materi Aqidah Akhlak dengan basis attitude toward religious yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi atau penilaian hasil belajar peserta didik yang akurat. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru untuk menerapkan produk instrumen penilaian hasil belajar peserta didik setiap proses penilaian, seperti saat penilaian harian atau untuk evaluasi perkembangan karakteristik peserta didik saat ujian lainnya secara periodik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, attitude toward religious, penilaian diri sendiri dan antar teman
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:40
Last Modified: 23 Oct 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum