PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DONGENG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Camila Fatah Suroyya, NIM.: 21204081017 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DONGENG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DONGENG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204081017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DONGENG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204081017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dua hal penting yang berkaitan dengan pendidikan seorang siswa yaitu motivasi belajar dan pendidikan karakter terkhusus karakter peduli sosial, sebab pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Selain itu kurangnya penyediaan media pembelajaran yang inovatif sehingga perlu dikembangkan produk berupa Video Animasi Dongeng sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran video animasi dongeng Indonesia 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dongeng 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi dongeng. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R and D (Research and Development) model ADDIE. 1) Analysis, melakukan analisis kebutuhan peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis karakter peserta didik; 2) Design, menyusun draft video animasi dongeng serta membuat instrument; 3) Development, kegiatan pengembangan produk yang disempurnakan melalui penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan respon pendidik sebagai bahan masukkan dan evaluasi; 4) Implemantion, menerapkan media video animasi pada peserta didik MIN 1 Klaten; 5) Evaluation, hasil keseluruhan dari pengembangan produk, penerapan pada peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Menghasilkan media pembelajaran video animasi dongeng untuk menumbuhkan karakter peduli sosial dan motivasi belajar peserta didik kelas III, (2) Media pembelajaran video animasi dongeng dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai alternatif media pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas III berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 94,6%, ahli media sebesar 93,3%, dan ahli Bahasa sebesar 96,3% yang memenuhi kriteria “sangat layak”, (3) Media pembelajaran video animasi dongeng dapat menumbuhkan karakter peduli sosial dan motivasi belajar peserta didik dengan dibuktikannya perolehan nilai sig. (2 tiled) sebesar 0,000<0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti media pembelajaran video animasi dongeng efektif untuk menumbuhkan karakter peduli sosial dan motivasi belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Video Animasi, Dongeng, Karakter Peduli Sosial, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:41
Last Modified: 23 Oct 2023 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum