MANAJEMEN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI REAL MASJID 2.0 YOGYAKARTA)

Riskang Aj Pahruzi, NIM: 21204091001 (2023) MANAJEMEN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI REAL MASJID 2.0 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI REAL MASJID 2.0 YOGYAKARTA))
21204091001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MASJID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI REAL MASJID 2.0 YOGYAKARTA))
21204091001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki landasan yang kokoh melalui contoh yang diberikan oleh Rasulullah SAW dan Sahabat, fungsi masjid sebagai pusat kemasalatan umat dan sebagai pusat peradaban Islam. Akan tetapi saat ini fungsi kebanyakan masjid di Indonesia dikerdilkan, hanya sebagai tempat melaksanakan salat berjamaah dan membaca Al-Qur‟an saja. Real Masjid 2.0 Yogyakarta hadir untuk memberikan contoh kepada masjid-masjid yang lain, untuk mengambil peran yang lebih luas, seperti yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW dan Sahabat. Permasalahan di atas memiliki tujuan penelitian diantaranya adalah Pertama, mengetahui manajemen program Real Masjid 2.0 Yogyakarta dalam pemberdayaan masyarakat. Kedua, mengetahui implementasi program pemberdayaan masyarakat di Real Masjid 2.0 Yogyakarta ditinjau dari perspektif manajemen pendidikan Islam. Ketiga,mengetahui hasil implementasi program manajemen Real Masjid 2.0 dalam pemberdayaan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif analitik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada Founder Real Masjid 2.0 Yogyakarta dan jajaran Marbot. Sumber data skunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan dan menguji kredebilitas data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Sedangkan triangulasi teknik digunakan untuk menguji kredebilitas data pada sumber yang sama, dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Real Masjid 2.0 Yogyakarta memiliki manajemen masjid yang sudah terstruktur, sistematis dan efisien melalui manajemen strategi dalam mencapai tujuan visi dan misi. Pengelolaan masjid profesional dengan memberdayakan anak-anak muda sebagai pelaku kreativitas program yang dihadirkan. Kedua, Real Masjid 2.0 menghadirkan program-program pemberdayaan masyarakat melalui bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan kesehatan. Ketiga, hasil dari kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan Real Masjid 2.0 membebaskan ratusan orang dari kebodohan melalui sekolah gratis, tingkat TK, SD, dan SMP. Ada juga kelas belajar Al-Qur‟an untuk membebaskan ibu-ibu dari buta aksara Al-Qur‟an. Selain itu Real Masjid 2.0 memberikan bimbingan UMKM kepada masyarakat sekitar masjid dalam upaya stabilitas perekonomian umat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen masjid, Pemberdayaan masyarakat, Manajemen Pendidikan Islam.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:42
Last Modified: 23 Oct 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum