KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGASUH DENGAN ANAK DIDIK DALAM MEMBANGUN PERSEPSI KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Ghofar Dwi Krisnanta, NIM.: 02210891 (2006) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGASUH DENGAN ANAK DIDIK DALAM MEMBANGUN PERSEPSI KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGASUH DENGAN ANAK DIDIK DALAM MEMBANGUN PERSEPSI KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
02210891_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGASUH DENGAN ANAK DIDIK DALAM MEMBANGUN PERSEPSI KEAGAMAAN DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
02210891_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembinaan anak didik oleh pengasuh melalui pendidikan formal maupun secara kultural merupakan transformasi nilai untuk membenahi keterbelakangan akan keberagamaan. Peran komunikasi interpersonal dari panti asuhan merupakan salah satu upaya pencegahan anak didik dari kebodohan Karena lewat komunikasi interpersonal penghasil dapat melayani lebih dalam pemahaman anak didik. Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana panti asuhan yang tim putra Muhammadiyah membangun komunikasi interpersonal dan bagaimana implikasi komunikasi interpersonal tersebut dalam membangun persepsi keagamaan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh dan anak kecil yang ada di lingkungan panti asuhan putra Muhammadiyah. Sedangkan objek penelitiannya adalah proses komunikasi antara pengasuh dengan anak didik. Untuk mendapatkan data-data yang terkait dengan tema penelitian digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan model alir milik Matthew B Miles dan Haberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan hasil bahwa komunikasi interpersonal antara pengasuh dengan anak didik mengandung pesan yang berupa informatif dan persuasif. Nilai-nilai dari perusahaan tersebut mempunyai stimulus stimulus transformasi nilai normatif dan juga religius. Bentuk implementasi komunikasi interpersonal pangeran di panti asuhan putra Muhammadiyah adalah hubungan kepribadian anak didik dan juga hubungan keilmuan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mushtofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Panti Asuhan, Anak
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:14
Last Modified: 26 Oct 2023 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum