PENGARUH BI'AH LUGHA WIYAH TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL IHSAN CIMANUK PANDEGLANG BANTEN

Neni Nurjanah, NIM.: 00420177 (2004) PENGARUH BI'AH LUGHA WIYAH TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL IHSAN CIMANUK PANDEGLANG BANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BI'AH LUGHA WIYAH TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL IHSAN CIMANUK PANDEGLANG BANTEN)
00420177_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BI'AH LUGHA WIYAH TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL IHSAN CIMANUK PANDEGLANG BANTEN)
00420177_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan belajar merupakan kebutuhan pokok, sebab dalam kehidupan sehari-hari manusia dihadapkan dalam berbagai kegiatan yang menuntut kemahiran dalam berbicara. Siswa dalam belajarnya diharapkan mampu berbicara secara fasih, mereka bisa menyatakan jawaban, gagasan dan pendapatnya dalam berbagai hal, diantaranya melalui pembicaraan (Muhadatsah). Di Pondok Pesantren Darul Ihsan dalam kesehariannya dalam berbagai aktifitas baik fonnal maupun non formal dalam kegiatannya adalah meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, angket/kuesioner, dokumentasi, interview (wawancara) dan metode test. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1. Penanganan lingkungan kebahasaan (bi 'ah lughawiyah) di Pondok Pesantren Darul lhsan cukup efektif dan efisien, terbukti dengan adanya kegiatan­kegiatan muhadloroh, muhadatsah, pemberian mufrodat, dan adanya kreatifitas para santri dalam hal menulis cerpen, dan puisi berbahasa Arab yang disalurkan melalui mading,(majalah dinding) serta diadakannya perlombaan pidato dan drama berbahasa Arab pada akhir semester. 2. Nilai kemahiran berbicara bahasa Arab siswa MTs Darul lhsan memiliki nilai rata-rata yang cukup baik, terbukti dari hasil pengolahan data dengan menggunakan rumus mean yaitu 77,29. 3. Lingkungan kebahasaan (hi 'ah lughawiyah) di Pondok Pesantren Darul Ihsan sangat mempengaruhi kemahiran berbicara bahasa Arab siswa, hal tersebut terbukti berdasarkan dari hasil olah data dengan menggunakan program SPSS For Windows 11,5. Dari rumus korelasi tersebut dihasilkan nilai rxy sebesar 0,806, dan diketahui bahwa r tabel yaitu df=48-2=46, maka r product moment pada taraf signi:fikansi 5% diperoleh r tabel=0,288, dan pada taraf signifikansi 1 % adalah 0,372, maka rxy >rt (0,806>0,288/>0,372).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Tutus Musthofa Lc.M A.
Uncontrolled Keywords: berbicara; kebiasaan berbahasa; bi’ah lughawiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2023 14:09
Last Modified: 23 Oct 2023 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum