PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN PERILAKU SOSIAL SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KOMPLEK PELAJAR PUTRA DIPONEGORO KRAPYAK YOGYAKARTA)

Uhti Addiniyah, NIM.: 02221017 (2007) PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN PERILAKU SOSIAL SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KOMPLEK PELAJAR PUTRA DIPONEGORO KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN PERILAKU SOSIAL SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KOMPLEK PELAJAR PUTRA DIPONEGORO KRAPYAK YOGYAKARTA))
02221017_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KEAGAMAAN DAN PERILAKU SOSIAL SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KOMPLEK PELAJAR PUTRA DIPONEGORO KRAPYAK YOGYAKARTA))
02221017_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Komplek Diponegoro yang ada di bawah naungan Yayasan Ali Maksum dihuni khusus oleh santri putra yang bersekolah di MA dan MTs di lingkungan Yayasan Ali Maksum. Penelitian ini mengkaji dari sisi nilai pendidikan yang dikembangkan, khususnya orientasinya dalam membangun nilai masyaralat serta sisi mentalitas santri terhadap cita-cita luhur masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek yang diteliti yakni pengurus PP Ali Maksum Komplek Diponegoro dan santri PP Ali Maksum Komplek Diponegoro dan objek penelitiannya adalah bimbigan keagamaan pada santri serta perilaku sosialnya di PP Ali Maksum komplek Diponegoro. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, observasi, dan dokumntasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dipilih menurut tipologi berdasarkan fungsi dan katgorisasi tradisi-tradisi pesantren yang sudah resmi sebagai acuan penelitian. Pola penulisan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan diskripsi-naratif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan pelaksanaan pembinaan keagamaan di PP Komplek Pelajar Putra Diponegoro tetap memegang pada metode lama yaitu tradisional seperti juga pada pesantren lainnya. Proses pembinaan keagamaan di PP Ali Maksum Komplek Diponegoro ini dikatakan semi modern. Reaksi santri dari pengaruh pembinaan keagamaan di PP Ali Maksum ini bermacam- macam, untuk perilaku sosial sejak masuk di pesantren tanpa memandang lama atai sebentarnya tinggal di pesantren santri telah merasakan bedanya baik dari segi ibadah, perilaku, pada orang tua, teman, guru, dan lingkungannya. Kemudian dalam perilaku soial yang bersifat ekstern yaitu pada masyarakat dan lingkungan, pihak pesantren memberikan kesempatan pada santri untuk terjun langsung dalam masyarakat yang diaplikasikan dalam bentuk PPL dan baksos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Santri, Pondok Pesantren, Pembinaan Keagamaan, Perilaku Sosial
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:32
Last Modified: 24 Oct 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum