ASPEK - ASPEK KREATIVITAS DALAM BULLETIN ASH-SHAHABI (ANALISIS ISI PESAN-PESAN DAKWAH)

Meita Janarti, NIM.: 01210744 (2006) ASPEK - ASPEK KREATIVITAS DALAM BULLETIN ASH-SHAHABI (ANALISIS ISI PESAN-PESAN DAKWAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK - ASPEK KREATIVITAS DALAM BULLETIN ASH-SHAHABI (ANALISIS ISI PESAN-PESAN DAKWAH))
01210744_BAB I_BAB IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ASPEK - ASPEK KREATIVITAS DALAM BULLETIN ASH-SHAHABI (ANALISIS ISI PESAN-PESAN DAKWAH))
01210744_BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Buletin sebagai bagian dari media komunikasi massa di samping berfungsi untuk menyampaikan informasi mendidik menghibur juga dapat dimanfaatkan untuk mengembani isi tertentu agar dapat mengubah dan mempengaruhi perilaku maupun pengetahuan pembaca sesuai dengan misi yang diemban oleh buletin tersebut. Pemikiran kreatif adalah suatu rangkaian tindakan yang dilakukan dengan menggunakan akal budinya untuk menciptakan buah pikiran baru dari kumpulan ingatan yang berisi berbagai ide, keterangan konsep pengalaman dan pengetahuan. Dalam hal ini kreativitas dilihat dari sudut pandang jurnalistik. Kreativitas juga sangat penting bagi tim kreatif atau redaksi, untuk terus mengembangkan buletin ash-shhabi menjadi perhatian yang berkualitas. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana aspek-aspek kreativitas pada materi buletin as-shahabi serta pesan-pesan dakwah dalam buletin tersebut. Dalam penelitian ini yang merupakan objek penelitiannya adalah aspek-aspek kreativitas dan pesan-pesan dakwah, sedangkan subjek penelitiannya adalah buletin ash-shahabi yang berjumlah 15 edisi buletin terhitung dari edisi januari 2004 sampai dengan edisi november 2004. Untuk mengumpulkan data dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan cara mengklasifikasikan pesan-pesan dakwah itu ke dalam kelompok yang telah ditentukan dengan menggunakan prosedur analisis isi. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan terhadap penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa buletin ash-shahabi adalah buletin yang memiliki kreativitas original dan khas sehingga berbeda dengan buletin lainnya. Secara garis besar isi rubik artikel pada bulan ini dapat diklasifikasikan persentasenya sebagai berikut; pesan ibadah 20%, pesan aqidah 20%, dan yang paling banyak adalah pesan dakwah tipe akhlak sebanyak 60%. Hal ini disebabkan untuk pemenuhan kebutuhan hal layak membaca sebagai pers komunitas yang dikonsumsi oleh para remaja untuk menarik perhatian mereka sehingga lebih berminat membaca. Meski demikian bukan berarti mengesampingkan pesan aqidah dan ibadah walaupun prosentasenya lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Casmini, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kraetivitas, Bulletin, Analisis Isi, Dakwah
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:35
Last Modified: 24 Oct 2023 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum