PENGARUH TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM KEHIDUPAN KELUARGANYA (Studi kasus di Desa Tawang Rejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah)

Sri Mulyati, NIM.: 01230621 (2006) PENGARUH TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM KEHIDUPAN KELUARGANYA (Studi kasus di Desa Tawang Rejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM KEHIDUPAN KELUARGANYA (Studi kasus di Desa Tawang Rejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah))
01230621_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Presentation

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DALAM KEHIDUPAN KELUARGANYA (Studi kasus di Desa Tawang Rejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah))
01230621_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta menganalisa perubahan apa yang ditimbulkan oleh tenaga kerja Indonesia data realitas kehidupan mereka. Di samping itu penelitian ini juga memaparkan alasan-alasan yang mendasari keberangkatan tenaga kerja Indonesia ke Malaysia. Sujud dalam penelitian ini adalah tenaga kerja Indonesia yang berasal dari Tawangrejo kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah dengan jumlah orang yang diwawancarai sebanyak 5 keluarga. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perubahan yang terjadi pada diri tenaga kerja Indonesia meliputi perubahan dari segi ekonomi sosial budaya dan agama. Untuk mengumpulkan data penelitian ini penulis menggunakan metode interview atau wawancara. Agar lebih terarahnya interview maka digunakan cara interview bebas terpimpin yakni interview yang berlangsung secara bebas dan wajar yang menjurus pada permasalahan meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi adanya pengembangan di lapangan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ditemui. Metode lain yang digunakan adalah metode observasi dan juga metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa dari segi ekonomi sebagian besar keluarga yang anak lelaki sudah pernah menjadi tenaga kerja Indonesia telah mengalami peningkatan. Mereka bisa memenuhi kebutuhan fisik seperti memperbaiki rumah, melengkapi alat-alat rumah tangga, membeli sawah atau tanah, menutupi hutang, menabung untuk masa depan, membeli perhiasan, membeli motor. Tetapi pertumbuhan ekonomi tersebut juga berdampak negatif yakni pengeluaran rumah tangga menjadi tidak terkontrol. Dari segi budaya sebagian besar tenaga kerja Indonesia mengalami perubahan seperti bahasa yang digunakan pakaian serta sikap dan tingkah laku yang menjadi kurang sopan serta rasa solidaritas yang berkurang. Perubahan dari segi agama terlihat dari tingkat ibadah yang menurun tetapi ada juga yang ibadahnya semakin rajin. Alasan penduduk desa Tawangrejo menjadi tenaga kerja Indonesia adalah adanya dorongan dari sanak saudara serta keinginan ingin membantu orang tua serta memenuhi tanggung jawab sebagai kepala keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Waryono Abdul Ghofur, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Indonesia, Kehidupan Keluarga, Kondisi Ekonomi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:38
Last Modified: 24 Oct 2023 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum