OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN MASJID AL-JALAL DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA DAKWAH DI DESA GATAK KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN

Gunawan, NIM.:01240396 (2006) OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN MASJID AL-JALAL DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA DAKWAH DI DESA GATAK KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN MASJID AL-JALAL DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA DAKWAH DI DESA GATAK KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN)
01240396_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN MASJID AL-JALAL DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA DAKWAH DI DESA GATAK KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN)
01240396_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di berbagai daerah apalagi di wilayah pedesaan umumnya penggunaan masjid hanya untuk kegiatan ibadah khususnya salat lima waktu. Investasi yang demikian besar itu hanya digunakan untuk kegiatan ibadah ritual saja, rasanya terlalu kecil peranan itu bila kita gaji besar dunia investasinya dan kemungkinan banyaknya kegiatan yang sebenarnya dapat dilakukan untuk pembinaan umat kawasan masjid. Penelitian ini mengkaji bagaimana optimalisasi fungsi dan peran masjid Al Jalal desa katak kecamatan Pedan Klaten dalam pengembangan sumber daya dakwah serta faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam mengoptimalkan fungsi dan peran masjid tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yaitu peneliti terjun langsung ke daerah objek penelitian. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat maka dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode interview sebagai metode utama kemudian metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data yang sudah diperoleh dari penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu melaporkan data apa adanya kemudian menginterpretasikan untuk memperoleh kesimpulan yang benar menggunakan cara berpikir induktif dan deduktif serta pendekatan manajemen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa masjid Al Jalal merupakan masjid induk desa katak dan dijadikan sebagai sarana kegiatan ibadah dan menjadi sentral pengembangan sumber daya dakwah di wilayah desa tersebut. Meskipun masjid Al Jawa mempunyai beberapa program kegiatan dakwah diantaranya pengajian pendidikan TPA, pengajian umum pengajian jamaah haji pengajian organisasi Muhammadiyah, namun demikian tidak semua program tergarap dengan baik contohnya pengajian jamaah haji dan pengajian organisasi Muhammadiyah yang hanya dilaksanakan jika akan menjelang musim haji atau bila mengadakan acara tertentu saja. Beberapa faktor kendala yang dialami adalah sebagai berikut yakni faktor perbedaan pandangan faktor ekonomi, dan faktor keahlian dan pengetahuan umat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Dakwah, Masjid Al-Jalal
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:57
Last Modified: 24 Oct 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum