APLIKASI THARIQAH MUBASYARAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN YA YASAN YATIM PIATU MUHAMMADIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA

Moh. Zaenal Arifin, NIM.: 00420087 (2005) APLIKASI THARIQAH MUBASYARAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN YA YASAN YATIM PIATU MUHAMMADIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI THARIQAH MUBASYARAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN YA YASAN YA TIM PIA TU MUHAMMADIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA)
00420087_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI THARIQAH MUBASYARAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN YA YASAN YA TIM PIA TU MUHAMMADIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA)
00420087_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengajaran bahasa Arab yang dilakukan di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darussalam Yogyakarta adalah dengan menggunakan metode langsung (Thariqah Mubasyarah), bagaimana gambaran aplikasi thariqah mubasyarah dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu ini dibahas dalam penelitian ini. Metode penelitian ini dengan metode deskriptif analisis. Analisis data yang digunakan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara/interview. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Proses pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Pian1 Muhammadiyah Darnssaiam Y ogyakarta secara umum dapat dikatakan sudah cukup baik, karena didukung oleh fasilitas rnang belajar yang nyaman, jumlah siswa/anak asuh yang sedang, dan tenaga pengajar yang berkualitas serta penggunaan metode yang tepat. 2. Seorang pengajar bahasa hams menguasai setidaknya tiga hal yaitu : pengetahuan tentang bahasa Arab, kemahiran berbahasa Arab, keterampiian mengajarkan mengajarkan bahasa Arab. Dan secara keseluruhan gum bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darnssalam dapat dibilang memenuhi kriteria tersebut. 3. Tujuan pengajaran bahasa Arab Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darnssaiam Y ogyakarta adalah: agar siswa mampu menulis bahasa Arab dengan baik, agar siswa mampu membaca bahasa Arab dengan baik dan dapat berbicara serta bercakap-cakap bahasa Arab minimal tentang kehidupan sehari-hari. 4. Metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Damssalam Y ogyakarta adalah metode thariqah mubasyarah yang dilaksanakan ketika proses belajar rnengajar bahasa Arab berlangsung dan ketika ada acara-acara perternuan formal rnaupun nonformal setiap saat. 5. Thariqah rnubasyarah sangat efektif dan relevan digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Y ayasan Y atirn Piatu Muharnrnadiyah Darussalam Yogyakarta karena semua anak asuh berternpat di asrama dan setiap saat bahasa Arab bisa diajarkan secara langsung setiap harinya dan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang disusun oleh pengasuh dan guru bahasa Arab Pondok pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darussalam Yogyakarta sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr . H. Ahmad Rodli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: anak asuh; siswa; pembelajaran Bahasa Arab; kurikulum materi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Oct 2023 10:00
Last Modified: 24 Oct 2023 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum