KECERDASAN EMOSIONAL, RELEVANSINYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB (Tinjauan Psikologi Belajar Bahasa Arab)

Hijriyatun, NIM.: 00420051 (2004) KECERDASAN EMOSIONAL, RELEVANSINYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB (Tinjauan Psikologi Belajar Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN EMOSIONAL, RELEVANSINYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB (Tinjauan Psikologi Belajar Bahasa Arab))
00420051_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN EMOSIONAL, RELEVANSINYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB (Tinjauan Psikologi Belajar Bahasa Arab))
00420051_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana generasi sekarang lebih banyak mengalami kesulitan emosional daripada generasi sebelumnya. Mereka lebih kesepian dan pemurung, lebih beringasan dan kurang menghargai sopan santun, lebih gugup dan mudah cemas, lebih impulsif dan agresif. Atas dasar yang tersebut diatas penulis ingin meneliti keterkaitan kecerdasan emosional sebagai basis belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan), yaitu meneliti dan mengkaji buku-buku yang berkenaan dengan judul penelitian ini. Dalam melakukan analis data penulis menggunakan analisis dengan tehnik diskripsi analisis. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Ada relevansi (hubungan) yang sangat erat antara Kecerdasan ernosional dengan proses belajar mengajar. 2. Pemanfaatan kecerdasan emosional dalam proses belajar mengajar bahasa Arab adalah dengan cara: a. Menggunakan pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang relevan dengan kecerdasan emosional. Menurut penulis pendekatan yang relevan dengan kecerdasan emosional adalah pendekatan hurnanistik. b. Menggunakan Metode pengajaran bahasa Arab yang relevan dengan kecerdasan emosional yaitu Metode Suggestopedia, Counseling Learning Methode, dan The Silent Way.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.Nazri Syakur,M.A
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional; interaksi pembelajaran; belajar mengajar; pengajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Oct 2023 15:39
Last Modified: 24 Oct 2023 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum